nusabali

Relawan GUNTUR Matangkan Bali Lumbung Suara Ganjar

  • www.nusabali.com-relawan-guntur-matangkan-bali-lumbung-suara-ganjar

DENPASAR, NusaBali.com - Usai mengikuti Creative Fun Walk bersama Ganjar dan Koster pada Sabtu (17/6/2023), relawan yang tergabung dalam Ganjar Untuk Rakyat (GUNTUR) mengonsolidasikan pematangan Bali sebagai lumbung suara Ganjar Pranowo.

Rapat konsolidasi ini berlangsung pada Sabtu sore di Istana Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk No 104H, Sumerta Kelod, Denpasar Timur. Rapat dihadiri oleh Ketua Umum GUNTUR Teguh Eko Prastyono, Ketua GUNTUR Bali IB Roma Arsana dan Ketua GUNTUR kabupaten/kota se-Bali.

"Bali adalah provinsi ke-15 yang kami sambangi. Mengingat dari pemilu ke pemilu Bali selalu jadi lumbung suara PDIP, maka yang perlu dilakukan adalah pematangan dan memastikan Ganjar menang mutlak," buka Eko.

Relawan GUNTUR ingin mengulangi keberhasilan Jokowi di Bali pada Pemilu 2019 lalu. Saat itu Jokowi-Ma'aruf menang 91,68 persen. Kata Eko, minimal angka ini bisa dipertahankan dan lebih paten lagi kalau bisa lebih di atas perolehan suara Jokowi.

Eko yang juga mantan aktivis 98 ini menilai pembangunan negara harus dilakukan secara keberlanjutan. Setiap transisi kepemimpinan diharapkan bernilai penguatan dari apa yang sudah menjadi warisan baik kepemimpinan sebelumnya.

Ganjar dinilai sebagai sosok merakyat yang paling tepat untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi. Sebab, dari segi ideologi, kultur, dan gaya kepemimpinan keduanya cenderung serupa meski tidak persis sama.

"Pak Ganjar itu sosok yang humble, mudah bergaul dan didekati oleh kalangan milenial dan Gen Z. Penetrasinya ke kalangan muda ini pun sangat baik," imbuh Eko yang jauh-jauh datang dari Jakarta memastikan GUNTUR Bali siap dan solid memenangkan Ganjar.

Pemilu 2024 di Bali diprediksi didominasi pemilih milenial dan Gen Z. Berdasarkan data di tahun 2022, KPU Bali mencatat 95.121 pemilih pemula. Angka ini dipastikan bertambah hingga 14 Februari 2024 karena pemilih berusia 17 tahun akan terus bertambah.

Menyikapi hal ini, GUNTUR Bali sendiri memang cenderung condong membidik kalangan milenial dan Gen Z. Ketua GUNTUR Bali IB Roma Arsana menuturkan, Relawan GUNTUR banyak bergerak di sektor UMKM dan ekonomi kreatif. Sektor ini banyak digandrungi kawula muda.

"Kami juga fokus menggandeng pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di mana banyak digeluti kalangan muda. Selain soal pemilu, kerja-kerja di sektor ini juga berdampak langsung kepada pemilih itu sendiri," tutur Roma Arsana.

Meski GUNTUR Bali masih seumur jagung, Roma menegaskan pihaknya tancap gas begitu ada instruksi dari GUNTUR Pusat pasca Ganjar menjadi bakal calon presiden PDIP. Pergerakan yang masif sedang berjalan memastikan Gubernur Jawa Tengah itu kantongi suara terbanyak di Pilpres 2024.

"Saya mewakili seluruh Pengurus Pusat Relawan GUNTUR sangat mengapresiasi dan berterima kasih dengan teman-teman GUNTUR di Bali atas kerja-kerja yang sudah dilakukan," ujar Eko.

Mantan staf TKN Jokowi-Ma'aruf ini memastikan Relawan GUNTUR di setiap daerah melakukan konsolidasi dan pergerakan masif. Fokus lebih tentu diarahkan ke titik-titik simpul suara sambil berusaha menggoyang potensi pembukaan simpul suara baru.

Untuk diketahui, sebelum menggelar rapat konsolidasi, Teguh Eko Prastyono dan para relawan GUNTUR di Bali mengikuti acara Creative Fun Walk bareng Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala. *rat

Komentar