nusabali

Inggris dan Prancis Pesta Gol

  • www.nusabali.com-inggris-dan-prancis-pesta-gol

LONDON, NusaBali - Tim nasional (timnas) Inggris dan Prancis pesta gol pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024,  Sabtu (17/6) dinihari WITA.

Dalam laman resmi UEFA, Inggris menang telak 4-0 atas Malta, sedangkan Prancis mengalahkan Gibraltar 3-0.

Inggris bertandang ke Ta'Qali National Stadium dalam laga Grup C. Gol The Three Lions dicetak bunuh diri Ferdinando Apap, Trend Alexander-Arnold, Harry Kane, dan Callum Wilson.

Inggris membuka skor ketika laga baru berjalan delapan menit. Bek Malta, Apap mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan Bukayo Saka. Skor berubah 1-0.

Tim tamu menggandakan keunggulan pada menit ke-28 lewat gol Trent Alexander-Arnold. Pemain Liverpool itu melepaskan bola tembakan dari luar kotak penalti yang menjebol gawang Malta. Inggris unggul 2-0.

Inggris mendapat hadiah penalti dua menit kemudian karena Harry Kane dijatuhkan pemain lawan di kotak terlarang. Penyerang Tottenham Hotspur itu maju sebagai eksekutor dan sukses mengubah skor jadi 3-0.

Selepas jeda istirahat, Inggris tetap agresif. Wasit kembali memberikan hadiah penalti kepada Inggris pada menit ke-83 setelah pemain Malta, Steve Borg melakukan handball.

Kali ini giliran Callum Wilson yang mengeksekusi tendangan penalti. Dia menaklukkan kiper Malta, Henry Bonello dan membawa Inggris menjauh 4-0, hingga laga berakhir. 

Inggris pun pulang dengan tiga poin. Kemenangan itu membuat mereka kukuh di puncak Grup C dengan 9 poin. Malta tetap juru kunci tanpa poin dari tiga laga.

Sementara itu, Prancis juga menang meyakinkan lawan Gibraltar 3-0 dalam matchday ke-3 Grup B di Stadion Algarve, Portugal, Sabtu dinihari WITA. Tiga gol Prancis masing-masing dicetak Oliver Giroud, Kylian Mbappe dan bunuh diri Aymen Mouelhi.

Tim tamu langsung unggul saat laga berjalan tiga menit. Kingsley Coman bergerak di sisi kanan dan melepaskan umpan yang disundul Olivier Giroud masuk ke gawang kiper Gibraltar, Dayle Coleing. Prancis unggul 1-0.

Prancis menambah keunggulan jelang akhir babak pertama lewat menghadiahkan penalti akibat handball Roy Chipolina. Kylian Mbappe sebagai eksekutor sukses mengubah skor 2-0. Prancis cetak gol lagi pada menit ke-78, lewat bunuh diri Aymen Mouelhi.

Hasil itu membuat tsuhan Didier Deschamps memimpin Grup B dengan 9 poin, disusul Yunani dan Belanda, masing-masing tiga poin. Dan, Gibraltar tanpa angka di dasar klasemen, kalah selisih gol dari Republik Irlandia. ant

Komentar