nusabali

PKK Kelurahan Tonja Gelar Lomba Kreasi Nasi Tumpeng

Ny Antari Jaya Negara Tinjau Lomba Bulan Bung Karno

  • www.nusabali.com-pkk-kelurahan-tonja-gelar-lomba-kreasi-nasi-tumpeng

DENPASAR, NusaBali - PKK Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, menyelenggarakan lomba kreasi nasi tumpeng serangkaian Bulan Bung Karno, Jumat (16/6), di Wantilan Pura Dalem Bungkeneng.

Lomba yang diikuti 10 kelompok PKK banjar di wilayah Kelurahan Tonja tersebut ditinjau Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara bersama Ketua DWP Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana. 

“Kami mengapresiasi kreativitas ibu-ibu PKK banjar di Kelurahan Tonja menata hidangan nasi tumpeng yang sangat apik dalam peringatan Bulan Bung Karno tahun ini,” kata istri Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, itu di sela-sela peninjauan. 

Ny Antari Jaya Negara menyampaikan peringatan Bulan Bung Karno dan keterlibatan peran perempuan dalam pembangunan sangat penting dan tak dapat diabaikan. Perempuan memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan politik suatu negara. 

Sehingga dalam peringatan Bulan Bung Karno dengan keterlibatan PKK banjar setempat, juga untuk mempromosikan semangat nasionalisme, memperkuat pemahaman sejarah, dan membangun kesadaran akan perjuangan dan jasa Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 


“Selamat berlomba dan berkreativitas nasi tumpeng sebagai hidangan tradisional Indonesia yang biasanya disajikan dalam bentuk kerucut dengan nasi kuning sebagai bahan utama, disertai dengan lauk-pauk dan aneka makanan pendamping,” ujar Ny Antari Jaya Negara.

Lurah Tonja I Made Sunantra menyampaikan Bulan Bung Karno merupakan sebutan untuk bulan Juni di Indonesia, yang diambil dari nama Bung Karno, Presiden pertama Indonesia Soekarno yang lahir pada 6 Juni 1901. Bulan ini diperingati sebagai penghormatan dan mengenang perjuangan serta jasa Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Peringatan bulan Bung Karno penting untuk memastikan bahwa warisan sejarah dan nilai-nilai yang diusung oleh Bung Karno tetap hidup dan menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia. Melalui peringatan ini, diharapkan dapat terus ditanamkan semangat patriotisme dan cinta tanah air kepada seluruh masyarakat. Pada tahun ini perlombaan nasi tumpeng digelar dengan melibatkan 10 PKK banjar yang ada di Kelurahan Tonja. 

“Tim juri lomba telah berpengalaman. Para pemenang lomba nantinya akan mendapatkan piagam penghargaan,” kata Sunantra. 7 bin

Komentar