nusabali

Anggaran Duta PKB Kota Denpasar Rp 3,9 M

Libatkan Ribuan Penampil Termasuk Disabilitas dan Lansia

  • www.nusabali.com-anggaran-duta-pkb-kota-denpasar-rp-39-m

DENPASAR, NusaBali - Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV tahun 2023 akan dibuka secara resmi pada Minggu (18/6). Pada PKB kali ini, Denpasar melibatkan sebanyak 1.050 orang meliputi penampil, pembina, pelatih, maupun konsultan seni.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Dwi Wahyuning Kristiansanti. 

Wiwin panggilan akrabnya mengatakan, Denpasar akan membawa penampil khusus dalam PKB ini yakni penampilan disabilitas dan lanjut usia.

“Sebelumnya kami libatkan anak TK, tapi karena perlu latihan yang berkesinambungan, sehingga tahun ini yang kami libatkan adalah difabel dan lansia. Ini khusus Denpasar saja yang melibatkan difabel,” kata Wiwin, Selasa (13/6).

Dengan adanya penambahan dua penampil tersebut, total ada 23 materi yang diikuti oleh duta Kota Denpasar. Adapun materi yang diikuti meliputi sembilan parade, lima pagelaran, dan sembilan lomba. Sementara itu, untuk anggaran yang disiapkan bagi duta Denpasar yang tampil di PKB sebesar Rp 3.929.789.312.

Khusus untuk pawai pembukaan atau peed aya, Denpasar akan menampilkan Komunitas Seni Naluri Manca. Komunitas ini akan melibatkan sebanyak 200 orang talent kawula muda yang berasal dari sanggar, sekolah, sekaa teruna, serta komunitas seni lainnya di Kota Denpasar.

Untuk peed aya ini, Pemkot memberikan uang pembinaan sebesar Rp 250.000.000. Tema yang dibawakan dalam peed aya ini adalah ‘Dannacitta Segara’ atau Peradaban Multikultur dan Ekonomi Kreatif. 

Ketua panitia pawai dari Komunitas Seni Naluri Manca, Ida Bagus Eka Harista, mengatakan tema ini melambangkan bentuk dari keharmonisan hidup beragam etnis dan budaya di Kota Denpasar. 7 mis

Komentar