nusabali

Laga Semifinal UNL Spanyol-Italia, Ajang Unjuk Diri Pemain Muda

  • www.nusabali.com-laga-semifinal-unl-spanyol-italia-ajang-unjuk-diri-pemain-muda

AMSTERDAM, NusaBali - Spanyol dan Italia akan memperebutkan tiket final UEFA Nations League, di De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Jumat (16/6) dinihari, pukul 02:45 WITA.

Duel terakhir kedua tim di semifinal Euro 2020, dengan Italia lolos lewat adu penalti sebelum mengalahkan Inggris untuk juara. Kini laga nanti menjadi ajang unjuk diri pemain muda, karena kedua tim sedang melakukan regenerasi.

Spanyol terakhir kali meraih trofi di Euro 2012 setelah mengalahkan Italia 4-0 di laga final. Skuat Spanyol asuhan Luis de la Fuente sedang dalam tekanan setelah kalah 0-2 melawan Skotlandia pada Maret di kualifikasi Euro 2024.

Luis de la Fuente adalah pengganti Luis Enrique setelah dipecat karena gagal membawa Spanyol ke perempatfinal Piala Dunia 2022 usai disingkirkan Maroko. Untuk laga nanti, kiper tim Matador Unai Simon mengatakan gaya bermain Spanyol tak banyak berubah di bawah De la Fuente.

"Kami sedikit bermain lebih direct, tetapi secara umum itu tidak banyak berubah," kata Simon dalam konferensi pers, Senin.

"Ada area yang berubah dan kami harus beradaptasi dengan itu (tetapi) kami memiliki elemen kunci dan dengan itu kami akan tampil habis-habisan melawan Italia,"kata kiper Athletic Bilbao itu.

Spanyol mencapai empat besar di bawah Luis Enrique dengan mengalahkan Portugal, Swiss dan Republik Ceko di Grup A2.

Sementara itu, pelatih Italia Roberto Mancini memanggil lima pemain Inter Milan untuk laga kali ini. Inter jadi runner-up Liga Champions musim 2022/23 setelah dikalahkan Manchester City,  di Istanbul.

Mancini mengatakan ajang Nations League memungkinkannya melihat beberapa bintang baru di timnas Italia, termasuk Giacomo Raspadori dari Napoli dan Wilfried Gnonto dari Leeds.

"Merupakan kebahagiaan bagi saya membiarkan para pemain muda ini bermain di beberapa laga penting. Memberikan waktu bermain dalam permainan tingkat tinggi pasti membantu mereka berkembang," kata Mancini di laman UEFA.

Italia memenangkan Grup A3, di atas Jerman, Inggris dan Hungaria.

Spanyol kalah satu kali di grupnya, yakni 1-2 saat menjamu Swiss pada laga kelima. Sedangkan Italia lolos ke putaran final sebagai juara Grup A3. Sama seperti Spanyol, Italia juga finis dengan 11 poin (M3 S2 K1). ant
 
Prediksi Starting XI
Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Alba; Rodri, Zubimendi; Gavi, Asensio, Olmo; Morata. Pelatih: Luis de la Fuente.
Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Acerbi, Bastoni, Dimarco; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Retegui, Pellegrini. Pelatih: Roberto Mancini.

Rekor Pertemuan
Spanyol menang : 12
Seri : 16
Italia menang : 11

Lima Laga Terakhir
06/10/2021 Italia 1-2 Spanyol (UNL)
06/07/2021 Italia 1-1 Spanyol (Euro)
02/09/2017 Spanyol 3-0 Italia (Kualifikasi PD)
06/10/2016 Italia 1-1 Spanyol (Kualifikasi PD)
27/06/2016 Italia 2-0 Spanyol (Euro).

Komentar