nusabali

Idul Adha, Peternak Kambing Panen Untung

  • www.nusabali.com-idul-adha-peternak-kambing-panen-untung

SINGARAJA, NusaBali - Hari Raya Idul Adha tahun 2023 akan jatuh pada Kamis (29/6), menjadi berkah bagi peternak kambing di Buleleng. Salah seorang peternak kambing di Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Ahmad Surahi mengaku telah menerima pesanan kambing H-1 bulan sebelum Hari Raya Idul Adha.

Bahkan, kambing ternak telah laku terjual pada pembeli. Pembeli bahkan berasal dari luar wilayah Kabupaten Buleleng, hingga Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. "Kalau untuk Idul Adha, harga kambing yang terjual berkisar di angka Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta," ujarnya, ditemui Selasa (13/6).

Pria yang telah menekuni dunia ternak kambing kurang lebih dua tahun itu, mengaku kambingnya sudah laku 7 ekor. Beberapa kambing yang telah laku terjual itu langsung dibawa oleh pembeli. "Tapi ada beberapa kambing yang dititipkan oleh pembeli untuk diambil pada H-1 atau H-2 Idul Adha" imbuhnya.

Meskipun telah laku tujuh ekor, dia mengakui jika penjualan tahun ini cukup lesu jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu. "Masih rame tahun lalu. Untuk wilayah Kota Singaraja saja, tahun lalu saya berhasil menjual 16 ekor kambing," kata Surahi.

Dia menyebutkan, tak semua kambing yang ada bisa dijadikan hewan qurban. Kambing-kambing tersebut harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh para ulama. Beberapa syarat tersebut adalah minimal berusia satu tahun dan telah masuk tahun kedua. Untuk domba, usia satu tahun dan minimal usia enam bulan bagi yang kesulitan mendapatkan domba berusia satu tahun. "Selain itu, kambing harus sehat, tidak cacat, dan tidak memiliki penyakit," pungkasnya.*mzk

Komentar