nusabali

192 Pasang Kerbau Ikuti Makepung Kapolres Cup

Bibit Kerbau Makepung Langka di Jembrana

  • www.nusabali.com-192-pasang-kerbau-ikuti-makepung-kapolres-cup
  • www.nusabali.com-192-pasang-kerbau-ikuti-makepung-kapolres-cup

NEGARA, NusaBali - Menyambut HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023, Polres Jembrana menggelar lomba Makepung Kapolres Cup di Sirkuit Makepung Delod Berawah, Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (11/6). Total sebanyak 192 pasang kerbau yang diterjunkan dalam lomba makepung ini.

Pelaksanaan Makepung Kapolres Jembrana Cup tahun 2023 ini dibuka oleh Kapolres Jembrana I Dewa Gde Juliana bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan jajaran Forkopimda Jembrana. Dari total 192 pasang kerbau yang tampil dalam event ini, 95 pasang merupakan peserta dari Regu Barat (Ijo Gading Barat) dan 97 peserta dari Regu Timur (Ijo Gading Timur).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tamba mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan makepung yang digelar Polres Jembrana dalam menyambut HUT Bhayangkara ini. 
Diselenggarakannya makepung ini, dinilai menjadi bukti bahwa Kapolres Jembrana sangat peduli dengan tradisi khas Jembrana ini.

Di balik kebahagiaan makepung, Bupati Tamba mengatakan, ada kekhawtiran mengenai masalah bibit kerbau untuk makepung. Dirinya mengaku, saat ini bibit kerbau makepung semakin sulit didapatkan di Jembrana. "Ini bibit  kerbau tidak lagi kita dapatkan di Jembrana sendiri," ucap Bupati Tamba.

Untuk itu, Bupati Tamba mengaku, ada rencana mendorong keberadaan pembibitan kerbau makepung di Jembrana. 


"Sementara saat ini, sudah ada dua proposal yang masuk untuk pembibitannya, dan saya masih pelajari itu. Saya sangat setuju pengembangan bibit kerbau makepung ini  biar bertumbuh. Jangan sampai ini bibit tidak ada. Saya akan coba kembangkan ini ke depannya," ucap Bupati Tamba.

Di samping itu, Bupati Tamba berharap dengan banyak event makepung yang akan diselenggarakan setiap tahun, akan dapat menumbuhkan semangat dalam melestarikan warisan budaya makepung ini. "Masih ada menunggu lagi 3 kompetisi yakni Jembrana Cup, Bupati Cup dan Gubernur Cup di tahun ini. Kemungkinan itu semuanya akan digelar di Sirkuit All in One (Desa Pengambengan). Saya harap sekaa makepung tetap semangat dalam rangka kita menuju Jembrana Emas Tahun 2026. Saya berjanji di saat wisatawan masuk Jembrana, makepung ini menjadi barang mahal dan jegog sebagai pendamping juga," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres AKBP Dewa Juliana juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan Makepung Kapolres Cup tahun 2023 ini. Menurutnya, lomba makepung Kapolres Cup 2023 dalam rangka menyambut HUT ke-77 Bhayangkara ini menjadi bagian dari pelestarian warisan budaya yang dimiliki Kabupaten Jembrana. 

"Kegiatan ini kami selenggarakan juga untuk membangkitkan gairah untuk melestarikan warisan budaya yang kita miliki. Sehingga ke depan anak cucu kita bisa mewariskan apa yang sudah diwarisi secara turun temurun sejak dahulu. Ke depan event ini akan terus berlanjut," ujar AKBP Dewa Juliana.

Sementara Ketua Sekaa Makepung Kabupaten Jembrana I Made Mara, mengaku merasa bahagia dengan diadakannya Makepung Kapolres Jembrana Cup yang kedua ini. Pihaknya pun berharap event Makepung Kapolres Jembrana yang mulai diadakan sejak tahun 2022 lalu ini, ke depannya bisa tetap berlanjut setiap tahun. 7ode

Komentar