nusabali

Buleleng Lepas 99 Jemaah Calon Haji

  • www.nusabali.com-buleleng-lepas-99-jemaah-calon-haji

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 99 orang jemaah calon haji dari Kabupaten Buleleng yang  tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 45 dilepas dari Masjid Agung Jamik Singaraja, Kamis (8/6) malam. Mereka menuju ke tempat embarkasi haji di Sukolilo, Kota Surabaya, sebelum diterbangkan menuju Arab Saudi pada Sabtu (10/6) sore.

Ketua Rombongan Haji Buleleng yang juga Kepala Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, Imam Syafii  mengatakan, seluruh persiapan calon jemaah yang akan berangkat telah rampung. Para jamaah yang terdaftar berangkat tahun ini sebanyak 99 orang telah memenuhi seluruh persyaratan termasuk melunasi ongkos naik haji (ONH) serta syarat administrasi dan persayaratan kesehatan.

"Jemaah calhaj Buleleng tergabung dalam Kloter 45 dan telah siap dan malam ini (kemarin) berangkat menuju embarkasi Sukolilo Surabaya sebelum bertolak ke Mekkah," kata Syafii.

Menurutnya, kuota jemaah haji Buleleng sebanyak 99 orang dengan komposisi jemaah yang tertunda tahun sebelumnya akibat pandemi sebanyak 45 orang, dan sisanya porsi usia lansia (lanjut usia), porsi baru dan cadangan. "Totalnya sebanyak 99 orang. Ada yang menunda karena sakit sebanyak 8 orang, mutasi keluar Bali 2 orang dan tidak melunasi ONH 2 orang, sehingga tersisa 85 kursi," kata Syafii.

Namun demikian setelah dilakukan perpanjangan pendaftaran ada tambahan calon jemaah haji sehingga total menjadi 99 jemaah, dan ditambah satu orang dari Panitia Haji Daerah (PHD). "Kami berharap selama dalam menunaikan ibadah haji berjalan lancar hingga kembali nanti tidak kurang suatu apapun," katanya.

Selama menunggu proses berangkat para calon jemaah haji telah melakukan vaksin meningitis maupun perekaman biometrik. Perekaman dilakukan untuk proses bio visa yang mulai diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi. "Intinya semua persyaratan sudah terpenuhi," tandasnya. 7mzk

Komentar