nusabali

Klungkung Raih Penghargaan Nasional, Daerah Pilot Project Implementasi Dashboard E-KTR

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-penghargaan-nasional-daerah-pilot-project-implementasi-dashboard-e-ktr

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung meraih penghargaan Daerah Pilot Project Implementasi Dashboard E-KTR (Kawasan Tanpa Rokok). Penghargaan ini sebagai komitmen tinggi terhadap regulasi KTR maupun upaya berhenti merokok di fasilitas layanan kesehatan. 

Penghargaan diterima langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta serangkaian peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS 2023) di Aula Siwabessy, Gedung Prof Sujudi, Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis (8/6). 

Penyerahan penghargaan dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu, WHO, Kadis Kesehatan Kabupaten Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni, dan undangan lainnya. Pemkab Klungkung sangat pantas mendapatkan penghargaan ini karena berkat kepemimpinan Bupati Suwirta mewujudkan larangan menyeluruh terhadap iklan dan promosi rokok dan tembakau. Termasuk upaya melindungi kesehatan masyarakat. “Penghargaan ini menjadi bukti keseriusan komitmen kuat kami dalam implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Kabupaten Klungkung sudah memiliki Perda No 1 Tahun 2014 tentang KTR, Perbub No 5 tahun 2016 tentang reklame rokok dan pelaksanaan KTR serta SK Bupati No 22 tahun 2017 tentang Tim Pembina KTR. Bupati Suwirta menegaskan, penegakan KTR di Kabupaten Klungkung lebih menonjolkan perubahan pola pikir untuk mengajak masyarakatnya tidak merokok, terhindar dari asap rokok dan hidup sehat. 

Didukung komitmen dan aksi dalam mensosialisasikan kawasan tanpa rokok di Klungkung yakni implementasi KTR, eliminasi iklan rokok luar gedung, larangan iklan rokok, promosi dan sponsor rokok serta mendorong pembuatan hukum adat (pararem) KTR desa adat. Gebrak partisipasi masyarakat Klungkung dari berbagai lapisan dalam kampanye bahaya rokok.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengucapkan selamat kepada bupati/walikota yang meraih penghargaan dan menjadi contoh Daerah Pilot Project Implementasi Dashboard E-KTR. “Saat ini sudah ada 86% daerah yang mempunyai aturan KTR, kami harapkan di tahun 2024 nanti 100% untuk semua daerah mempunyai kawasan tanpa rokok,” jelas Harbuwono. @ wan

Komentar