nusabali

BBGRM 2023, LPM Kota Denpasar Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Pantai Padang Galak

  • www.nusabali.com-bbgrm-2023-lpm-kota-denpasar-ajak-masyarakat-jaga-kebersihan-pantai-padang-galak

DENPASAR, NusaBali.com – Ratusan peserta bersemangat mengikuti kegiatan bersih-bersih Pantai Padang Galak, Denpasar, pada Minggu (28/5/2023). Kegiatan yang diprakarsai DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kota Denpasar ini dilangsungkan dalam rangka menyambut Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2023.

Kegiatan yang berkolaborasi dengan DPC LPM Denpasar Timur dan LPM Desa Kesiman Petilan ini diikuti oleh semua kalangan, mulai dari LPM se-Kota Denpasar, instansi hingga pelajar SD, SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Denpasar Timur.

“Bulan bakti LPM se-Kota Denpasar ini diharapkan bisa meningkatkan peran serta LPM dalam lini pembangunan dari pemerintahan desa sampai kota Denpasar dengan semangat Vasudhaiva Kutumbakam menuju Denpasar Maju,” kata Ketua DPD LPM Kota Denpasar Gede Eka Saputra. 

Kegiatan BBGRM ini juga digelar di setiap desa/kelurahan di Kota Denpasar pada bulan Mei 2023. Sementara untuk tingkat Kota Denpasar akan digilir di empat kecamatan. Jika tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Denpasar Timur, maka untuk tahun depan akan dilaksanakan di Denpasar Utara.

Adapun kegiatan tahun ini menyasar Pantai Padang Galak di Denpasar Timur yang dinilai  perlu dikelola, ditata dan dijaga. Apalagi di wilayah setempat sering digunakan untuk kegiatan keagamaan seperti malasti, menghanyutkan sisa pembakaran abu mayat sebagia rentetan upacara ngaben, dan kegiatan keagamaan lainnya. 

Dalam kegiatan bersih pantai ini yang terlibat  600-700 orang elemen Kota Denpasar, mulai dari  Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD), DPD Lembaga Pemberdayaan Desa (LPM) Kota Denpasar, DPC LPM Kecamatan Denpasar Timur. 

Termasuk juga sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Denpasar Timur yakni SMAN 3 Denpasar, SMAN 9 Denpasar, SMPN 1 Denpasar, SMPN 8  Denpasar, SMPN 14 Denpasar dan SD yang berada di Kawasan Kesiman Petilan. Pantai Padang Galak sendiri berada di wilayah Desa Kesiman dengan Desa Dinasnya Kesiman Petilan yang merupakan wilayah dari Banjar Kedaton Kesiman Petilan. 

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan khususnya pesisir pantai. Selain itu ikut serta menjaga lingkungan minimal tidak membuang sampah sembarangan,” kata Ketua LPM Desa Kesiman Petilan, I Gede Yogi Pramana.  

Selain bersih-bersih pantai, kegiatan Bulan Bakti LPM Kota Denpasar ini juga diwarnai dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia. 

Kegiatan pada Minggu pagi ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Denpasar, Kadis PMD Kota Denpasar, Camat Denpasar Timur, Jro Bandesa Adat Kesiman, Perbekel/Lurah se-Kecamatan Denpasar Timur dan elemen instansi SMA, SMP dan SD di Kecamatan Denpasar Timur dan di wilayah Desa Kesiman Petilan. *m03

Komentar