nusabali

Pengurus PSSI Resmi Dikukuhkan, Erick Thohir Tak Merasa Spesial

  • www.nusabali.com-pengurus-pssi-resmi-dikukuhkan-erick-thohir-tak-merasa-spesial

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman mengukuhkan jajaran pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Di hadapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari para pengurus PSSI mengikat ikrar yang dibacakan Marciano Normam di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5).

"Pelantikan dan pengukuhan ini dilakukan pada saat yang sangat tepat. Di mana saat ini masyarakat Indonesia sedang cinta-cintanya pada sepak bola karena berhasil meraih medali di SEA Games Kamboja beberapa hari lalu," kata Marciano Norman.

Jajaran pengurus PSSI yang dilantik meliputi Ketua Umum Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Zainuddin Amali dan Ratu Tisha. Selain itu, Exco PSSI yang terdiri dari Eko Setiawan, Endri Erawan, Juni Rahman, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, Vivin Cahyani, Pieter Tanuri, Arya Mahendra, Khairul Anwar, Ahmad Riyadh, dan Hasnuryadi.

Usai pelantikan, pengurus PSSI dihadapkan pada agenda yang padat di antaranya, FIFA match day melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 14 Juni dan Argentina di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 19 Juni. Lalu dilanjutkan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 9-17 Oktober.

"Bapak Erick dan jajaran pengurus akan menuntun tim nasional sepak bola kita menuju prestasi yang lebih tinggi dan memenuhi ekspektasi pecinta sepak bola Indonesia," kata Marciano Norman.

Sementara Erick Thohir menyampaikan tanggapan usai dirinya dan jajarannya dilantik Ketua Umum KONI Pusat.  Erick mengaku tak merasa spesial karena menjadi bagian dari struktur kepengurusan federasi sepak bola Tanah Air.

Walau begitu, dia tetap memohon dukungan dari segenap pihak, baik Kemenpora, KONI, maupun KOI, agar PSSI dapat mewujudkan misi untuk menjadikan prestasi sepak bola sebagai tradisi. 

Lebih jauh Erick Thohir juga mengungkapkan menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Deutscher Fußball-Bund (DFB) atau Federasi Sepak Bola Jerman, setelah menjalin kerja sama dengan Japan Football Asociation (JFA), untuk pengembangan sepak bola Indonesia.

Terkait kemungkinan kerja sama dengan Jerman, Erick Thohir mengungkapkan untuk saat ini PSSI sedang mengkaji mengenai beberapa direktur teknik yang dari negara juara Piala Dunia 2014 itu.

"Untuk Jerman kita sedang lihat CV untuk direktur teknik. Jadi semua kita bikin fair dan transparan. Kami ingin membangun tadi, tradisi yang profesional dan transparan," kata Erick Thohir. ant

Komentar