nusabali

Ny Antari Jaya Negara Hadiri Pasar Rakyat TP PKK di Jembrana

Putri Koster Ajak Jaga Warisan Budaya Leluhur

  • www.nusabali.com-ny-antari-jaya-negara-hadiri-pasar-rakyat-tp-pkk-di-jembrana

NEGARA, NusaBali - Mengusung tema ‘Berbelanja dan Berbagi’, Pasar Rakyat TP PKK Provinsi Bali bersinergi dengan TP PKK Kabupaten Jembrana, digelar pada Jumat (26/5). Kegiatan yang diselenggarakan di Wantilan Pura Jagatnatha Negara tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara beserta para ketua TP PKK kabupaten se-Bali.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan paket kepada 100 orang warga Kabupaten Jembrana, yang berasal dari dua kecamatan, Jembrana dan Negara. 

Ny Antari Jaya Negara, mengemukakan pasar rakyat yang digelar selama ini merupakan wujud kepedulian, gotong royong tim penggerak PKK kepada masyarakat. 

“Ini adalah bentuk kepedulian dan gotong royong, dari kita untuk masyarakat kita. Hal ini juga upaya untuk membudayakan prinsip berbelanja dan berbagi, terutama bagi warga yang membutuhkan,” ujarnya. 

Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny Candrawati Tamba menyebutkan, setidaknya terdapat 55 stand pedagang yang merupakan IKM/UMKM dan perajin Kabupaten Jembrana terlibat dalam kegiatan ini. 

Aneka ragam produk hasil pertanian, perikanan, dan kelautan, seperti daging, ikan, telur, beras, sayur mayur, bumbu dan buah-buahan dijual di sini. Selain itu, beberapa produk hasil Hatinya PKK, UP2K PKK, serta hasil kerajinan masyarakat dan beberapa produk khas lainnya juga dijajakan. 


“Kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Putri Koster yang telah mempelopori pelaksanaan pasar rakyat ini. Kita tentu harapkan, manfaat kegiatan ini akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Ny Candrawati Tamba. 

Dalam arahannya, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster, mengatakan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Bali, semuanya memfokuskan pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Pasar rakyat ini kita inisiasi sejak masa pandemi Covid-19, dan hingga saat ini pelaksanaannya terus dilakukan secara bergilir di seluruh kabupaten/kota se-Bali. Aksi sosial ini, juga merupakan salah satu  wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK kabupaten/kota se-Bali. Untuk itu, saya harapkan koordinasi dan sinergitas tetap dilaksanakan dalam setiap kegiatan TP PKK,” kata Ny Putri Koster.

Pada kesempatan ini, Ny Putri Koster kembali menegaskan agar masyarakat Bali untuk terus berpartisipasi aktif ikut menjaga kekayaan warisan budaya leluhur. 

“Ini salah satu tugas dari para ketua TP PKK agar terus menggerakkan masyarakat, agar berpartisipasi aktif dalam menjaga Bali, baik alam maupun warisan budayanya,” tuturnya. 

Salah satu upaya menjaga kekayaan warisan budaya Bali, adalah dengan membiasakan penggunaan kain tradisional endek Bali dan kerajinan lainnya. Ini juga bisa dijadikan sebagai langkah membantu perekonomian pada sektor perajin. 7 bin

Komentar