nusabali

Garuda Muda Tak akan Melepas Peluang Emas

  • www.nusabali.com-garuda-muda-tak-akan-melepas-peluang-emas

PHNOM PENH, NusaBali - Pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri memastikan jika tim asuhannya tidak akan melepaskan peluang untuk merebut medali emas SEA Games 2023 Kamboja setelah memastikan diri berlaga di partai puncak pesta olahraga dua tahunan itu. 

Timnas Garuda Muda pada laga final bakal menghadapi Thailand di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5) kickoff pukul 19.30 WIB atau 20.30 Wita.

Di final malam nanti merupakan laga ke-24 antara Indonesia dengan Thailand di SEA Games. Indonesia baru menang lima kali, ada dua laga selesai imbang, dan Thailand mampu memetik 16 kemenangan. Indonesia juga pernah menelan kekalahan besar dari Thailand. Momen itu terjadi pada SEA Games 1985. Saat itu, Tim Merah-Putih menelan kekalahan dengan skor akhir 0-7 dari Thailand. Pada pertemuan terakhir, Indonesia menelan kekalahan 0-1. Di Vietnam tahun lalu, Thailand menaklukkan Indonesia pada babak semifinal.

Walaupun demikian Timnas Indonesia mempunyai modal bagus melawan Thailand kali ini. Tim Asuhan Indra Sjafri selalu menang dalam lima pertandingan yang dijalani untuk melaju ke final. "Tim ini telah berproses sejak fase grup hingga semifinal dengan hasil baik dan kami dengan seluruh pemain sudah berkomitmen, besok bisa memberikan yang terbaik," kata Indra Sjafri di Phnom Penh Hotel, Senin (15/5).

Menurut dia, menjelang laga krusial ini seluruh pemain dalam kondisi terbaik sehingga pihaknya tidak akan kesulitan dalam menentukan 11 pemain pertama menghadapi Timnas Thailand. "Termasuk Pratama Arhan kondisinya bagus. Tapi secara regulasi dia tidak bisa main (kartu merah). Jadi kita berkekuatan 19 pemain yang semua siap diturunkan," katanya menambahkan.

Pelatih asal Sumatera Barat ini juga menyatakan bahwa dukungan pemerintah, Kemenpora, KOI, KONI dan kerja baik dari CdM yang menyiapkan lapangan yang sangat fantastik untuk persiapan selama di Kamboja. "Saya dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada klub tempat pemain berasal dan juga kerja sama yang baik dari mulai bulan Maret bersama pelatih klub dan saya mengapresiasi itu," kata Indra menjelaskan. 

Timnas U-22 Indonesia juga bakal mendapatkan bonus melimpah jika mampu mengalahkan Thailand pada laga final malam nanti, karena dengan kemenangan target medali emas yang dicanangkan tercapai. Bonus tidak hanya dari pemerintah, namun PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia juga sudah menyiapkan bonus khusus untuk Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

"Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu baru bicara bonus. Pasti ada tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu nanti malah nggak fokus," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir di komplek Morodok Techo International Stadium, Phnom Penh, Senin kemarin.

Timnas Garuda Muda bakal menjalani laga krusial demi mengejar medali emas kejuaraan multi event terbesar di Asia Tenggara itu. Indonesia terakhir kali mendapatkan medali emas pada SEA Games 1991 Manila atau 32 tahun yang lalu.
Sebelumnya tim asuhan Indra Sjafri ini menang dramatis atas Vietnam dengan skor 3-2 pada semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5). Sempat bermain dengan 10 orang, setelah Pratama Arhan diganjar kartu merah ada menit ke-60, Indonesia akhirnya menundukkan Vietnam lewat gol Taufany Muslihuddin saat injury time. 

Perjuangan Timnas U-22 hingga melaju ke partai final SEA Games mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut Timnas Indonesia punya mental pemenang. 7 ant

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Timnas Indonesia U-22 (4-2-3-1): Ernando Ari (Kiper); Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Rio Fahmi (Belakang); Muhammad Taufany, Alfeandra Dewangga; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rahman (Tengah); Ramadhan Sananta (Depan). Pelatih: Indra Sjafri.

Timnas Thailand U-22 (4-1-4-1): Soponwit Rakyart (Kiper); Bukkorre Lamdee, Songchai Tongcham, Jakkrapong Sanmahung, Chatmongkol Rueangthanarot (Belakang); Arifin Doloh; Channarong Promsrikaew, Purachet Thodsanid, Leon James, Yotsakorn Burapha (Tengah); Teerasak Poeiphimai (Depan). Pelatih: Issara Sritaro.

Komentar