nusabali

Segera Segel Gelar, Barcelona!

  • www.nusabali.com-segera-segel-gelar-barcelona

Kemenangan dalam derby nanti akan memastikan tim asuhan Xavi jadi juara dengan empat laga tersisa. Sekaligus juga jadi kado manis untuk perpisahan sang kapten Sergio Busquets.

BARCELONA, NusaBali 
Barcelona berpeluang meraih gelar juara La Liga 2022/2023, saat tandang lawan tim sekota, Espanyol, dalam laga pekan ke-34, Senin (15/5) dinihari WITA, di RCDE Stadium, Barcelona. Syaratnya, Blaugrana harus menang, dan mereka pun menatap laga tersebut dengan penuh kepercayaan diri. 

Gelar juara LaLiga ke-27 akan jadi gelar yang pertama Barca sejak musim 2018/2019. Kemenangan dalam derby nanti akan memastikan tim asuhan Xavi jadi juara dengan empat laga tersisa. Gelar LaLiga juga akan menjadi kado manis perpisahan sang kapten Sergio Busquets.

Sebelumnya, Barcelona sempat hanya meraih satu kemenangan dalam empat laga. Namun, mereka bangkit dan memenangi dua laga terakhir. Barca mencetak empat gol ke gawang Real Betis, satu gol ke gawang Osasuna, dan selalu clean sheet. Kini Barca dalam kondisi yang bagus menatap derby yang bisa menjadi ajang penentuan juara nanti.

Sebaliknya, Espanyol dalam perform yang mencemaskan karena hanya menang sekali dalam sepuluh laga terakhir. Meski begitu, Espanyol tentu akan berjuang habis-habisan demi meraih angka. Terlebih lagi, Espanyol pasti tak mau melihat Barcelona merayakan gelar juara di markas mereka. 

Namun, jika melihat performa mereka, rasanya sulit bagi Espanyol untuk bisa menghentikan Barcelona. Mereka saat ini di posisi ke-19 klasemen dengan 31 poin. Kalah pada laga derbi akan mendekatkan Espanyol dengan jurang degradasi.

Pada dua laga terakhir, pasukan Xavi selalu menang dan tak kebobolan, setelah kalah mengejutkan dari Rayo Vallecano. Sebaliknya, kubu Espanyol justru sedang tidak stabil. Pada laga terakhirnya, Espanyol kalah 2-3 dari Sevilla, meski sempat unggul 2-1 pada babak pertama.

Saat ini, Barca di puncak klasemen dengan 82 poin dari 33 laga. Barca juga jadi tim paling sedikit kebobolan, 11 kali. Secara matematis, Barca bisa merayakan gelar juara LaLiga, Senin dinihari nanti.

Skenarionya, Barcelona akan punya 85 poin jika menang atas Espanyol. Sedangkan dengan lima laga tersisa, poin maksimal Atletico Madrid (saat ini 69) hanyalah 84 dan poin maksimal Real Madrid (saat ini 68) hanya 84.

Gelar juara La Liga 2022/2023 akan punya arti penting bagi Barcelona. Sebab, mereka akan memberikan kado perpisahan yang manis untuk sang legenda Sergio Busquets. Dia akan meninggalkan klub pada akhir musim nanti.

Busquets punya karier yang panjang bersama Barcelona. Dia promosi ke tim senior pada 2005 dan terus menjadi andalan, siapa pun yang menjadi pelatih Barcelona.

Busquets telah memainkan 718 laga dengan seragam Barcelona yang menempatkannya sebagai pemain ketiga dengan jumlah penampilan terbanyak bagi Blaugrana.

Selain itu, Busquets adalah salah satu pemain yang paling banyak memenangkan trofi di Barca. Total 31 medali juara dimenangkan; yakni 8 gelar LaLiga, 7 Copa del Rey, 7 Piala Super Spanyol, 3 Liga Champions, 3 Piala Super Eropa dan 3 Piala Dunia Antarklub. *

Prediksi Starting XI

Espanyol (5-3-2): Pacheco; Brian Olivan, Leandro Cabrera, Sergi Gomez, Cesar Montes, Oscar Gil; Denis Suarez, Sergi Darder, Nico Melamed; Javi Puado, Joselu. Pelatih: Luis Garcia.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alejandro Balde, Christensen, Ronald Araujo, Kounde; Pedri, Sergio Busquets, De Jong; Gavi, Lewandowski, Raphinha. Pelatih: Xavi.

Komentar