nusabali

Tarung ke DPD RI, Rai Mantra Sebut Masih 'Pegang' Lumbung Suara Pilgub 2018

  • www.nusabali.com-tarung-ke-dpd-ri-rai-mantra-sebut-masih-pegang-lumbung-suara-pilgub-2018

DENPASAR, NusaBali.com - IB Rai Dharmawijaya Mantra sudah melakukan pendaftaran sebagai bakal calon anggota DPD RI di Pemilu 2024, Jumat (12/5/2023). Rai Mantra sebut masih menjalin komunikasi dengan pendukung dari Pemilihan Gubernur Bali 2018.

Sebagai pendatang baru di kontestasi senator Bali, Rai Mantra terbilang memiliki basis suara yang mapan. Namun, vakumnya mantan Wali Kota Denpasar usai bertarung di Pilgub 2018 menimbulkan pertanyaan seberapa tajam naluri politik tokoh Griya Seba Sari Renon ini.

Pada Pilgub Bali 2018, pasangan Mantra-Kerta memperoleh sebanyak 889.930 suara. Perolehan suara ini paling banyak diraih di 'kandang' Rai Mantra yakni Kota Denpasar sejumlah 190.534 suara. Raihan ini terbilang wajar sebab saat Pilgub 2018, Rai Mantra masih berstatus Wali Kota Denpasar dua periode yang sedang cuti.

Lima tahun berlalu, masihkah lumbung suara Denpasar yang disusul Gianyar dan Karangasem bisa disemai? Putra mantan Gubernur Bali IB Mantra ini tidak menjawab secara gamblang. Hanya saja, dia mengaku masih merawat orang-orang di barisannya sejak tahun 2018 silam.

"Astungkara ya. Sampai saat ini masih terjalin komunikasi yang baik. Bersyukur sampai hari ini, Tuhan masih melindungi saya," ujar Rai Mantra usai menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon DPD RI daerah pemilihan Bali di Kantor KPU Provinsi Bali.

IB Rai Dharmawijaya Mantra saat memberikan keterangan pers. -NGURAH RATNADI

Melihat konstelasi senator Bali saat ini, peluang Rai Mantra merebut satu kursi di kamar senator tampak terbuka lebar. Berbekal komposisi politik di Pilgub Bali 2018, Made Mangku Pastika yang memutuskan tidak maju DPD RI lagi di Pemilu 2024 adalah salah satu sosok di barisan Rai Mantra.

Sebagai petahana, Pastika berpeluang sebagai sosok pengalihan kantong suara ke Rai Mantra. Dari Pemilu 2019, Pastika menjadi anggota DPD RI dapil Bali yang memeroleh suara terbanyak kedua yakni 269.790. Modal yang cukup untuk menunjang kelolosan kolega lama.

Menanggapi hal ini, Rai Mantra mengaku sudah menjalin komunikasi dengan bakal calon maupun petahana anggota DPD RI dapil Bali. Hanya saja belum intens, menunggu hasil penetapan status bakal calon menjadi calon anggota DPD RI dapil Bali.

"Sebagai teman, sekarang tentu sudah ada pembicaraan. Ini baru pendaftaran, belum sampai penetapan. Nanti mungkin kalau sudah penetapan, kami akan ada pembicaraan. Ada step by step," ungkap Rai Mantra.

Lebih lanjut, mantan Wakil Wali Kota Denpasar era AA Gede Ngurah Puspayoga ini membeberkan bahwa koleganya dari kontestasi sebelumnya masih memiliki semangat yang sama. Benang merah perjuangan masih dijaga oleh orang-orang di barisan Rai Mantra.

"Mudah-mudahan ada penetapan (calon anggota DPD RI dapil Bali), pasti digas kencang dong komunikasinya, tidak mungkin tidak," tandas Rai Mantra yang melaju ke pencalonan DPD RI dengan 2.947 dukungan KTP. *rat

Komentar