nusabali

Libas Kamboja, Timnas U-22 Juara Grup A

  • www.nusabali.com-libas-kamboja-timnas-u-22-juara-grup-a

Penyelamatan penalti berbuah korban bagi Timnas U-22. Adi Satryo tidak dapat melanjutkan laga akibat dilanggar pemain Kamboja U-22 saat hendak mengamankan bola rebound.

PHNOM PENH, NusaBali
Timnas Indonesia U-22 berhasil mempermalukan tuan rumah Kamboja U-22 di SEA Games 2023. Tim berjulukan Garuda Muda itu juga keluar sebagai juara Grup A. Sedangkan Myanmar lolos ke semifinal dengan jadi runner up grup A usai mengalahkan Filipina 1-0.

Turun dengan pemain lapis kedua, Timnas U-22 menang 2-1 atas Kamboja U-22 dalam partai terakhir Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Rabu (10/5) malam.

Timnas U-22 membuka skor pada menit kesepuluh lewat Titan Agung. Memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Jeam Kelly Sroyer, penyerang 21 tahun itu melepaskan sepakan keras yang mengoyak gawang Kamboja U-22.

Sesaat sebelum turun minum, Kamboja U-22 menyamakan kedudukan 1-1. Menerima sepak pojok dari Nhean Sosidan, Sin Sovannmakara menyundul bola ke pojok gawang Timnas U-22 pada menit ke-45+2.

Tujuh menit paruh kedua berjalan, Timnas U-22 kembali unggul. Setelah melewati dua pemain lawan, Beckham Putra Nugraha melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Sepakan Beckham Putra itu sempat membentur pemain Kamboja U-22 sebelum mengecoh kiper tuan rumah, Reth Ly Heng. Pada menit ke-82, Kamboja U-22 mendapatkan hadiah penalti dan hampir menyamakan kedudukan. Namun, tendangan Lim Pisoth ditepis kiper Timnas U-22, Adi Satryo.

Namun penyelamatan penalti itu berbuah korban untuk Timnas U-22. Adi Satryo tidak dapat melanjutkan pertandingan akibat dilanggar pemain Kamboja U-22 saat hendak mengamankan bola rebound.

Adi Satryo diganti Ernando Ari Sutaryadi yang berlabel kiper utama Timnas U-22 di SEA Games 2023.

Hingga pertandingan tuntas, skor tidak berubah. Timnas U-22 mengunci status juara Grup A SEA Games 2023 untuk lolos ke babak semifinal. Sedangkan Kamboja U-22 tersingkir.

Dalam partai keempat Grup A lainnya, Myanmar menekuk Filipina 1-0 berkat gol tunggal Thet Hein Soe pada menit ke-55 di RSN Stadium, Phnom Penh, Rabu (10/5). Myanmar U-22 bermain dengan sepuluh orang pada menit ke-82. Lat Wai Phone menerima kartu kuning kedua setelah mengantungi yang pertama pada menit ke-45.

Kemenangan ini membuat Myanmar U-22 menyegel posisi runner-up Grup A untuk menemani Timnas Indonesia U-22 melaju ke empat besar SEA Games 2023.

Dalam laga tersebut pelatih timnas U-22 Indra Sjafri mewujudkan rotasi tim dan menyimpan sejumlah pemain kunci. Sudah lolos ke semifinal, pelatih Indra memilih menyimpan kiper Ernando Ari, Rizky Ridho, Ananda Raehan, dan Ramadhan Sananta.

Di posisi kiper, dia memberi kepercayaan Muhammad Adisatryo. Sedangkan Rio Fahmi dimainkan sebagai bek kanan, dan duet Komang Teguh-Muhammad Ferrari di posisi bek tengah. 

Untuk pertama kalinya di SEA Games 2023, Pratama Arhan tidak masuk sebelas pertama. Posisinya di bek kiri diberikan Haykal Alhafiz, yang melakukan debutnya. Lini tengah dihuni Taufany Muslihuddin, Beckham Putra, dan Witan Sulaeman. Sedangkan Ramadhan Sananta sebagai ujung tombak digantikan Titan Agung, dengan dukungan dua penyerang sayap Irfan Jauhari dan Jeam Kelly Sroyer. *

Komentar