nusabali

Timnas Hadapi Puputan Kamboja

  • www.nusabali.com-timnas-hadapi-puputan-kamboja

Tak menentukan bagi Indonesia, tapi harus mati-matian bagi Kamboja demi mendapatkan kesempatan tiket babak semifinal sepakbola SEA Games 2023.

PHNOM PENH, NusaBali
Timnas Indonesia bisa menyempurnakan babak fase grup SEA Games XXXII cabang olahraga sepakbola dengan meraih nilai sempurna 12 poin dalam laga terakhir grup A melawan tuan rumah kamboja di Olympic Stadium, Phnom Penh, Rabu (10/5). 

Namun apapun hasilnya, Timnas sudah lolos ke babak semifinal. Alhasil laga ini kemungkinan lebih dimanfaatkan pelatih Indra Sjafri untuk mengistirahatkan para pemain pilar dan memberi kesempatan pemain pelapis untuk meladeni Kamboja.

Melawan Kamboja memang tak mudah, karena sebagai tuan rumah tim asuhan Ryu Hirose ini di ujung tanduk. Jika ingin lolos ke semifinal, Kamboja harus mengalahkan Indonesia sembari berharap Filipina bisa menjegal Myanmar dalam laga lainnya.

Saat ini Kamboja ada di posisi ketiga klasemen SEA Games 2023 Grup A dengan raihan empat poin. Mereka tertinggal dua angka dari Myanmar di posisi kedua dan berjarak lima angka dari Indonesia. "Kami harus menang untuk menunggu kesempatan agar bisa lolos ke semifinal. Tak masalah tim mana yang akan digunakan oleh Indonesia, Kamboja hanya mempunyai satu tujuan," kata Ryu Hirose di Zingnews.

Hirose mengungkap bahwa Kamboja demam panggung bermain di hadapan puluhan ribu penonton di stadion. Oleh karena itu, hasil buruk pun harus diterima. "Ada banyak pendukung yang datang mendukung kami. itu merupakan motivasi dan tekanan besar. Jadi, para pemain Kamboja tak ada dalam trek yang benar," kilah Hirose.

Di kubu Indonesia, kapten tim Rizky Ridho menyatakan siap menghadapi Kamboja yang akan didukung puluhan ribu penonton. "Kami pasti akan fokus persiapan tim sendiri daripada memikirkan tim tuan rumah. Pastinya kami makin semangat karena banyak penonton yang datang dan tentu saja saya berharap semoga kami meraih kemenangan lagi," kata Rizky.

Bek Persebaya yang kini hengkang ke Persija ini menyebut bahwa timnya masih menyimpan hasrat untuk mengakhiri puasa gelar Indonesia di sepakbola SEA Games. Tiga kemenangan sebelumnya belum mencerminkan kekuatan Indonesia sebenarnya.

"Saya bersyukur atas hasil tiga pertandingan kemarin. Saya harap dengan kemenangan yang sudah kami raih membuat kami lebih baik lagi ke depannya dan bisa pulang bawa medali emas. Tetapi kami tetap melakukan introspeksi karena ada banyak hal yang harus kami perbaiki," ucap Rizky Ridho. 7

Komentar