nusabali

Desa Dangin Puri Kangin Gelar Lomba Penjor Antarbanjar

  • www.nusabali.com-desa-dangin-puri-kangin-gelar-lomba-penjor-antarbanjar

DENPASAR, NusaBali - Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Timur, menggelar lomba penjor yang dipusatkan di Jaba Pura Swagina Taman Sari pada Buda Wage Klau, Rabu (3/5). Lomba penjor tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pujawali di Pura Swagina Taman Sari.

Perbekel Dangin Puri Kangin I Wayan Sulatra, mengungkapkan lomba penjor ini digelar sebagai bentuk pelestarian budaya dan tradisi dengan nilai agama di dalamnya. Selain itu, lomba ini juga bertepatan dengan kegiatan Pujawali di Pura Swagina Taman Sari.

Menurutnya lomba penjor ini ini diikuti sebanyak 7 banjar. Lomba ini juga mengajarkan masyarakat untuk mengedepankan pembuatan sarana upacara ataupun upakara termasuk pembuatan penjor agar menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. 

Penentuan pemenang dilakukan melalui penilaian juri yang berasal dari jajaran Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. “Penilaian dilihat dari segi estetika, komponen yang digunakan wajib menggunakan bahan alami. Yakni, janur, slepan (daun kelapa), ron, dan ambu. Panita penyelenggara melarang pemakaian gabus atau plastik dalam pembuatannya,” kata Wayan Sulatra. 

Setelah melalui penjurian yang ketat, Wayan Sulatra menjelaskan, terdapat 3 pemenang yang berhasil menjuarai lomba ini. Juara 1 diraih Banjar Mertha Rauh Kaja, yang kemudian diikuti juara 2 Banjar Kertha Bhuwana. Sedangkan posisi juara 3 disabet Banjar Kertha Bhuwana Kaja.

“Kepada para pemenang kita berikan dana pembinaan dan sertifikat. Kemudian, bagi peserta lainnya, kita berikan sertifikat. Astungkara, ke depannya akan ada lomba semacam ini lagi, agar para generasi muda dapat memahami terkait penjor ini,” ungkap Wayan Sulatra. 7 mis

Komentar