nusabali

DLHP Klungkung Turunkan 108 Petugas Kebersihan saat Festival Semarapura

  • www.nusabali.com-dlhp-klungkung-turunkan-108-petugas-kebersihan-saat-festival-semarapura

SEMARAPURA, NusaBali.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan (DLHP) Klungkung menurunkan 108 personel satuan tugas kebersihan saat Festival Semarapura serangkaian Hari Puputan Klungkung ke-115 dan HUT ke-31 Kota Semarapura selama 4 hari mulai Jumat, (28/4/2023) hingga Senin (1/5/2024).

Ratusan petugas kebersihan disebar ke seluruh areal festival semarapura dari sisi timur Catus Pata hingga sisi barat Catus Pata.

“Untuk acara ini dari DLHP klungkung menyiagakan 108 orang tenaga sapu jalan dan tenaga satgas kebersihan sebanyak 16 orang yang siap dipanggil setiap saat untuk proses pembersihan,” terang Kepala Bidang Pengolahan Sampah limbah B3 dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung, Komang Agus Sedana, Minggu (30/4/2023) sore.

Agus Sedana menjelaskan, para petugas itu memulai kegiatan pembersihan secara serentak pada pagi dan sore hari dan seluruh sampah ditargetkan sudah tertangani. Tak hanya itu, pengangkutan sampah juga dilakukan setiap hari agar lokasi acara tetap terjaga kebersihannya.


Foto: Pemeliharaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung, Komang Agus Sedana. -RIKHA SETYA

“Mereka sebenarnya adalah tenaga sapu yang memiliki wilayah area jalan sendiri. Khusus di acara festival ini kami libatkan untuk berpartisipasi, sehingga tenaga sapu jalan akan bergiliran bertugas di lokasi ini,” ungkapnya.

Sementara, dilihat dari pantauan NusaBali.com, ratusan petugas kebersihan tersebut didominasi oleh kaum perempuan. Agus Sedana menuturkan tenaga sapu jalan di Klungkung kebetulan lebih banyak dari pihak perempuan. Walaupun didominasi oleh kaum hawa, para petugas terlihat totalitas mengerjakan tugasnya. Meski hujan turun selama Festival Semarapura berlangsung, mereka tetap melaksanakan tugasnya dengan mengenakan mantel dan juga penutup kepala.

“Mereka sangat antusias dan sangat bersemangat. Kami harapkan para masyarakat juga bisa saling bekerjasama untuk menjaga lokasi agar tetap bersih,” harapnya. *ris
 

Komentar