nusabali

Wisatawan Melonjak 6 Kali Lipat

  • www.nusabali.com-wisatawan-melonjak-6-kali-lipat
  • www.nusabali.com-wisatawan-melonjak-6-kali-lipat

Dari 25 Daya Tarik Wisata (DTW) di Buleleng terdata 47.754 wisatawan dengan destinasi favorit Pantai Lovina selama libur Lebaran tahun ini.

SINGARAJA, NusaBali
Libur dan cuti bersama serangkaian Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendongkrak kunjungan wisata Buleleng. Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng mencatat 47.754 wisatawan yang berkunjung selama sepekan periode libur dan cuti bersama mulai 19-25 April lalu. Wisatawan domestik mendominasi di angka 37.843 orang, sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 9.911 orang.

Data kunjungan wisatawan itu diakumulasi dari 25 Daya Tarik Wisata (DTW) yang ada di Buleleng. Yang menjadi DTW favorit dengan pengunjung wisatawan terbanyak baik domestik dan mancanegara adalah Pantai Lovina.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Rabu (26/4), mengatakan libur dan cuti bersama ini menjadi berkah buat Buleleng. Meskipun kunjungan wisatawan masih didominasi domestik. Namun hal itu cukup membantu pergerakan perekonomian Buleleng.

“Kalau wisatawan domestik lebih cenderung memilih wisata spiritual dan wisata buatan. Seperti mengunjungi DTW Pura Pulaki, Pura Jayaprana dan Layonsari,” ucap Dody.

Foto: Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva Askara. -LILIK

Tak kalah ramainya, lanjut Dody, adalah wisata buatan Krisna Holding, Danau Tamblingan, Air Panas Banjar hingga Air Sanih. Sementara itu wisatawan mancanegara terbanyak memilih berwisata di Pantai Lovina, Sambangan Adventure dan juga Air Terjun Banyumala. 

Menurut Dody puncak kunjungan wisata di Buleleng terjadi pada 21-23 April. Hal ini dibuktikan dengan tingkat hunian hotel di Buleleng rata-rata 90-100 persen. Namun rata-rata lama menginap rata-rata hanya 1-2 malam.

“Memang kalau wisatawan lokal Bali dan Jawa itu rata-rata menginap 1-2 hari, karena biasanya mereka pagi hari  melihat pertunjukan dolphin (lumba-lumba, Red), beberapa lanjut ke destinasi lain. Tetapi kalau wisman rata-rata menginap sampai 7 hari,” imbuh mantan Kadis Kebudayaan ini.

Sejauh ini potensi kunjungan wisman ke Buleleng masih dari benua Eropa, seperti asal Rusia, Prancis dan Jerman. Wisman Eropa ini disebut Dody memang datang sebelum high season pada bulan Juni-Agustus mendatang. 7k23

Komentar