nusabali

Pj Gubernur Sampaikan Kesiapan World Water Forum kepada Presiden

  • www.nusabali.com-pj-gubernur-sampaikan-kesiapan-world-water-forum-kepada-presiden

DENPASAR, NusaBali - Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menghadap Presiden Joko Widodo di Jakarta untuk menyampaikan laporan kesiapan dan usulan kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Pulau Dewata pada 18–25 Mei 2024.

“Hari ini (kemarin) Presiden mengecek persiapan, karena beliau yang akan memimpin pertemuan. Penjabat Gubernur Bali diundang untuk mengikuti rapat,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra di Denpasar, Senin (29/4).

Dia mengatakan di luar pertemuan utama World Water Forum, Pemprov Bali sudah menyiapkan sejumlah lokasi kegiatan tambahan, seperti kunjungan karya wisata, usulan-usulan tersebut nantinya akan disampaikan kepada Presiden Jokowi untuk ditetapkan.

“Itu (kegiatan tambahan) tentatif. Hari ini (kemarin) Presiden mungkin akan memastikan yang mana, beliau bukan hari ini (mengecek ke Bali), beliau di Jakarta memimpin rapat makanya Pak Pj Gubernur ke Jakarta,” kata Sekda Dewa Indra.

Pemprov Bali sebelumnya telah mematangkan persiapan penyelenggaraan WWF ke-10 bersama panitia pusat, salah satunya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang turun langsung melihat persiapan lokasi-lokasi usulan pada pekan lalu.

“Tentatif agenda sudah disusun, ada yang sudah dievaluasi oleh Kemenko Marves, yang pasti hari ini akan dilaporkan ke presiden. Presiden yang akan memutuskan dari sekian agenda tentatif yang mana pasti dilakukan, hari ini,” ujarnya.

Sekda Dewa Indra menegaskan bahwa lokasi pertemuan rapat para delegasi WWF ke-10 sudah pasti ditentukan, namun yang menjadi perhatian pemerintah daerah adalah kegiatan tambahan.

Ada beberapa usulan yang hendak dilaporkan, seperti karya wisata di kawasan Jatiluwih Tabanan, kawasan Kintamani Bangli, dan kegiatan malukat.

Di kawasan Jatiluwih, Pemprov Bali menawarkan kunjungan ke subak atau sawah dengan sistem pengairan khas Bali dan panglukatan Pura Kadatuan Raksa Sidhi, kemudian di Kintamani berkaitan dengan aktivitas di Danau Batur.

“Ini harus disinkronisasi dengan agenda rapat karena itu pokoknya, juga nanti akan menunjukkan upacara Tumpek Uye Segara Kerthi di KEK Kura-Kura Bali dan penampilan budaya di The Bhagawan, menampilkan UMKM, dan makan malam di GWK,” ucap Dewa Indra. 7 ant

Komentar