nusabali

Dandim Bagikan Sepatu Aerobik ke Anggota

  • www.nusabali.com-dandim-bagikan-sepatu-aerobik-ke-anggota

GIANYAR, NusaBali - Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Eka Wira Dharmawan, membagikan sepatu aerobik kepada anggota Kodim Gianyar, Senin (24/4).

Sepatu yang dirancang khusus ini untuk menunjang kegiatan para personel. Uniknya, sepatu itu membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam pengadaannya karena dirancang secara khusus. “Sepatu ini bisa untuk pengamanan, lari, dinas, bahkan nongkrong,” ungkap Letkol Eka Wira. 

Sepatu aerobik ini dirancang khusus, ukurannya dicocokkan sebelum dibagikan ke anggota. Membutuhkan waktu cukup lama, mencapai 4 bulan. “Didesain khusus bergaris-garis untuk meminimalisir gesekan, tidak licin,” jelas Letkol Eka Wira. Anggota diingatkan menggunakan sepatu aerobik itu sebaik mungkin dan jadi motivasi dalam bertugas. “Saya bukan mencari popularitas. Saya ingin rekan-rekan semangat dalam berdinas, berpenampilan terbaik dalam berdinas. Ini rezeki kalian, saya hanya perantara,” ujarnya.

Letkol Eka Wira sudah melakukan berbagai kegiatan inovatif di Gianyar. Pendiri senam dan olahraga Spartan Komando (Sparko) ini juga merombak markas Kodim Gianyar. Mulai dari pojokan yang awalnya hanya menjadi gudang disulap menjadi ruang '301' untuk tempat nongkrong, ngopi, maupun karaoke. Ada juga pojokan yang dijadikan toilet VIP standar hotel. Fasilitas itu menurutnya dapat dimanfaatkan oleh siapa saja. Berkat prestasinya mendirikan senam dan olahraga Sparko, Perwira Menengah TNI AD ini juga ditunjuk sebagai pelatih PD Tar Senam Sparko. Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat telah mengesahkan Senam Spartan Komando (Sparko) melalui Peraturan Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat, Nomor Perkadisjasad/06/IV/2022 Tanggal 04 April 2022. 

Senam Sparko merupakan olahraga yang terinspirasi dari Film 'The 300 Spartans' yang punya kekuatan mengalahkan ribuan pasukan Persia. Inspirasi tersebut membuat Letkol Eka Wira ingin membentuk tubuh seperti Spartan. Terlebih saat itu ada kompetisi prajurit pasukan khusus Indonesia, khususnya Kopassus. Latihan tersebut berkonsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training serta High Intensity Interval Running (HIIR) yang memang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus. Letkol Eka Wira, perwira asal Buleleng ini termasuk aktif menggunakan media sosial. Akun Instagram pribadinya @eka_wira_king_of_sparko memiliki 600.000-an follower. Kanal YouTube dengan 500.000 subscriber. 7 nvi

Komentar