nusabali

Peringati Hari Tari Sedunia, Pemkot Akan Gelar Name

  • www.nusabali.com-peringati-hari-tari-sedunia-pemkot-akan-gelar-name

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar akan memperingati Hari Tari Sedunia pada Sabtu (29/4) mendatang dengan event Naluriku Menari (Name).

Event ini merupakan pelaksanaan yang kedua, dan kali ini digelar di Kawasan Taman Kota Lumintang, Denpasar yang akan melibatkan lebih dari 2.000 penari.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dispar Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana, Minggu (16/4) mengatakan, tahun ini tema yang diambil ‘Menari Mengalir Seperti Air Cipta Akan Peradaban’. Peserta yang terlibat mulai dari komunitas tari, pelajar, sanggar, hingga unit kegiatan mahasiswa atau Usaha Kecil Menengah (UKM) mahasiswa.

Menurut Hendaryana, para peserta adalah penari lokal, nasional dan internasional. Tak ketinggalan pula, panitia juga menghadirkan maestro tari. “Tak seperti tahun lalu yang digelar di Dharmanegara Alaya, pelaksanaan kali ini digelar di ruang terbuka. Sampai saat ini sudah ada 2.145 penari yang mendaftar dan ini akan bisa bertambah. Panggung akan dibuat di atas kolam air Taman Kota Lumintang. Setiap sudut Taman Kota juga akan ada kegiatan menari,” ujar Hendaryana.

Kegiatan Name ini, rencananya akan digelar dari pukul 16.00 hingga pukul 22.00 Wita. Warga Kota Denpasar nanti, kata Hendaryana akan dimanjakan betul dengan hiburan seni dalam pagelaran Name ini. Kata dia, Name bertujuan memberdayakan seniman tari muda untuk ruang ekspresi, membangkitkan ekosistem daerah dan menciptakan ruang publikasi kearifan lokal Bali.

Rangkaian Name akan meliputi menari lintas matahari, nusantara dalam rasa, film tari, tari ruang dan waktu, serta gelar karya Naluriku Menari. "Lewat tema air ini kami hadirkan kebebasan berekspresi dalam menari. Penari bisa merespons situasi sekitarnya,” ujar Hendaryana. *mis

Komentar