nusabali

Sampah Kiriman Kembali Menepi

  • www.nusabali.com-sampah-kiriman-kembali-menepi

MANGUPURA, NusaBali
Sampah kiriman yang didominasi plastik masih menepi di sejumlah Pantai di Badung, seperti di Pantai Kuta.

Kabid Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung AA Gede Agung Dalem, mengatakan saat ini terjadi anomali cuaca yang membuat sampah kembali menepi.

Musim angin barat sudah selesai, sedangkan saat musim angin timur biasanya tidak ada sampah dengan jumlah banyak yang menepi di pesisir pantai di Badung. “Namun ini karena pengaruh cuaca yang tidak menentu, sehingga tidak hanya sampah kecil, sampah yang besar pun sepertinya akan kembali merapat dan menepi ke Badung,” ujarnya, Sabtu (15/4).

Menurut Gung Dalem, pada Jumat (14/4) lalu, Dinas LHK Badung telah mengangkut sebanyak 27 truk sampah dari setra kawasan Kuta yang setara dengan 54 ton. Pun untuk membersihkan pantai itu, menurutnya menurunkan petugas kebersihan sebanyak 300 orang. Selain tenaga kebersihan, juga ada 7 alat berat yang membersihkan di sepanjang garis pantai.

“Sampah selalu bercampur dan menepi bergantian. Untuk membersihkan semua itu, semua alat berat dan petugas kebersihan kita kerahkan,” sebut Gung Dalem.

Terkait keberadaan sampah kiriman tersebut, Gung Dalem mengaku tidak bisa memprediksi sampai kapan sampah akan menepi. Untuk itu, dia menegaskan akan menyiagakan petugas kebersihan, sehingga bila sewaktu-waktu sampah kiriman kembali menepi dalam jumlah banyak, petugas kebersihan bisa langsung membersihkan. *ind

Komentar