nusabali

Wujudkan Program PKTD Nabati, Desa Dangin Puri Klod Panen Jagung Manis

  • www.nusabali.com-wujudkan-program-pktd-nabati-desa-dangin-puri-klod-panen-jagung-manis

DENPASAR, NusaBali
Desa Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar Timur terus berupaya berswadaya dalam ketahanan pangan.

Hal ini diwujudkan melalui panen jagung yang merupakan salah satu program Padat Karya Tunai Desa (PKTDes) nabati yang dikelola desa setempat.

Ditanam pada tanah seluas 10 are yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur, Banjar Yang Batu Kangin, panen jagung varian manis itu dipimpin langsung Perbekel Desa Dangin Puri Klod, I Made Sada, pada Jumat (14/4) pagi.

Saat dihubungi, Perbekel Desa Dangin Puri Klod, I Made Sada mengatakan,  panen jagung ini  menggembirakan pihaknya. Karena sebagai bentuk ketahanan pangan, jajaran desa setempat beserta  warga, telah berhasil menanam dan mengelola tanaman jagung, hingga hasilnya dapat dipanen.

"Ini kebanggaan tersendiri bagi kami. Karena para warga dan jajaran desa telah berhasil mewujudkan bentuk ketahanan pangan, terutama bidang nabati. Sebelumnya, kami juga telah berhasil menanam dan memanen aneka sayuran di sini," ungkapnya.

Made Sada menambahkan, jagung varian manis ini dijual untuk warga dengan harga Rp 5 ribu per 4 biji ukuran besar. Sedangkan jagung dengan ukuran lebih kecil, pembeli bisa memperoleh hingga 7 biji.

"Pada panen perdana hari ini,  kami prioritaskan pada warga Desa Dangin Puri Klod untuk membelinya. Jadi ini agar warga juga bisa menikmati hasil dari swakelola PKTD ini. Kemudian, nanti setelah warga membeli, sudah ada suplier sayuran juga yang akan membeli. Jadi, PKTD ini memang diharapkan akan mampu menopang perputaran ekonomi di wilayah kami, " lanjut Made Sada.

Rencananya, setelah usai menanam jagung, pihak Desa Dangin Puri Klod akan menanam bawang. Dimana, bawang sendiri merupakan salah satu bahan baku memasak yang kerap digunakan oleh masyarakat. *mis

Komentar