nusabali

Seleksi Administrasi Komcad Jaring 30 Warga Tabanan

  • www.nusabali.com-seleksi-administrasi-komcad-jaring-30-warga-tabanan

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 30 orang warga Tabanan lolos seleksi administrasi calon Komponen Cadangan (Komcad) dari pendaftar 73 orang.

Kepada calon yang lolos ini datanya akan diserahkan ke Kodam IX Udayana.  Puluhan peserta ini sudah mengikuti pendaftaran sejak 2 Januari sampai 30 Maret secara online. Kemudian pengumuman lulus administrasi telah dilakukan 6 April lalu.

Dandim Tabanan 1619 Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan mengatakan sebelum berkas disetorkan ke Kodam IX Udayana dilakukan pemeriksaan di Kodim 1619 Tabanan untuk memastikan kelengkapan. "Hari ini (kemarim) baru langkah awal tahapan seleksi calon Komcad yang sudah memenuhi persyaratan dan lulus dari seleksi administrasi online yang ditentukan oleh Penitia Komcad Kementerian Pertahanan," ungkapnya, Jumat (14/4).

Kata dia, setelah nantinya calon Komcad ini selesai mengikuti tahapan seleksi dan dinyatakan lulus maka calon Komcad akan mengikuti pelatihan dasar militer selama 3 bulan. Dan selama mengikuti pelatihan berhak memperoleh, uang saku, perlengkapan perorangan, perlindungan kesehatan serta jaminan kecelakaan kerja dan meninggal.

“Rekrutmem Komcad ni merupakan tindak lanjut dari program Kementerian Pertahanan sesuai UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Komponen Cadangan, yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan Jiwa patriotisme setiap warga negara," tandas Dandim Hasan.

Seperti diketahui Komcad ini dibentuk tahun 2021. Seleksi pertama ini akan menyasar 25.000 calon. Komcad ini akan dibentuk dalam 3 matra yakni Komcad matra Darat, Komcad matra Laut, dan Koncad matra Udara tak ubahnya seperti TNI yang memiliki 3 matra, Darat, Udara dan Laut.

Sementara syarat ketentuan yang harus dipenuhi warga negara yang ingin terlibat dalam Komcad sebagai berikut, (a) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan (b) setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kemudian, (c) berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, (d) sehat jasmani dan rohani, serta (e) tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri. *des

Komentar