nusabali

Kodam IX/Udayana Gelar TFG Amankan WWF

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-gelar-tfg-amankan-wwf

Persiapan Satgas yang terdiri 3.017 personel itu terus dilakukan secara matang, mulai dari personel, peralatan, dan juga pemahaman tentang pola pengamanan.

DENPASAR, NusaBali - Kodam IX/Udayana menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Aula Supardi, Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana Nomor 1 Denpasar, pada Senin (13/5) sore. TFG ini digelar untuk mempelajari taktik dan strategi yang diterapkan dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Water World Forum (WWF) ke-10 yang digelar pada 18-25 Mei 2024. TFG ini penting dilaksanakan karena merupakan gambaran umum pola pengaman, sehingga ribuan prajurit yang dilibatkan paham sebelum turun ke lapangan.

Pada pertemuan yang dihadiri kurang lebih 50.000 delegasi dari ratusan negara peserta itu Kodam IX/Udayana membentuk dua Satuan Tugas (Satgas) khusus yakni Satgas Pengamanan Wilayah dan Satgas Evakuasi Pengamanan VVIP. Persiapan Satgas yang terdiri 3.017 personel itu terus dilakukan secara matang, mulai dari personel, peralatan, dan juga pemahaman tentang pola pengamanan.

“Pengamanan ini harus sukses, ini adalah kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh dunia internasional kepada Bali sebagai tuan rumah forum lintas batas terbesar di dunia,” ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi.

Kegiatan TFG ini juga, kata Pangdam, dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas mengetahui peran dan fungsinya. Dikatakannya ada ada beberapa kesiapan yang perlu sempurnakan.

“Dalam rapat terbatas dengan bapak presiden beberapa waktu lalu, salah satu penekanannya adalah evaluasi pengamanan KTT AIS maupun KTT G20, sehingga pengaman KTT WWF ini lebih baik lagi,” ungkap Pangdam.

Untuk mengevaluasi segala kekurangan, waktu yang tersisa ini dilakukan perbaikan. Dalam TFG ini juga dibuat situasi kemungkinan bagaimana penanganan bencana gempa bumi, bencana Gunung Agung meletus dan erupsi. Kemudian bagaimana menghadapi unjuk rasa, ancaman terorisme dan lain sebagainya.

“TFG inilah kita bisa mengetahui celah-celah mana yang sekiranya belum tertutupi, serta hal-hal atau faktor-faktor kritis yang perlu kita pecahkan bersama solusinya. Saya menekankan kepada seluruh peserta agar dapat melaksanakan TFG ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab,” tegas Pangdam. 7 pol

Komentar