nusabali

Rapat Tertutup Mega dan Fraksi PDIP Singgung Capres

  • www.nusabali.com-rapat-tertutup-mega-dan-fraksi-pdip-singgung-capres

JAKARTA,NusaBali
Anggota DPR RI Fraksi PDIP Aria Bima ikut dalam pertemuan tertutup yang digelar Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama para legislator Fraksi PDIP.

Aria Bima mengatakan pertemuan itu menyinggung capres 2024. Untuk diketahui, pertemuan tertutup itu digelar di Sekolah PDIP, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4) lalu. Megawati turut hadir langsung di dalam pertemuan tersebut. Aria membeberkan arahan Megawati dalam acara tertutup itu. Menurutnya, Megawati menekankan kepada para kader bahwa PDIP merupakan alat perjuangan menuju masyarakat yang bhineka.

”Itu soal penegasan kita sebagai partai ideologis. Di sini adalah alat perjuangan, partai adalah alat perjuangan, partai adalah ibarat perahu, itu untuk menuju suatu masyarakat yang kita cita-citakan, yaitu masyarakat Pancasila, NKRI dan Bhineka tunggal Ika,” kata Aria di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir detikcom, Kamis (13/4/2023).

Aria melanjutkan, digelarnya pertemuan itu lantaran Megawati diduga terpicu dinamika wacana politik di eksternal partai. Urusan penentuan capres, Aria menegaskan hal itu merupakan kewenangan penuh Megawati.

“Pemicunya biasa, kalau ada kontraksi wacana di luar, ibu selalu merapatkan barisan ke dalamnya. Kalau kali ini bukan masalah politik, tetapi masalah ideologi, kader-kader lebih banyak bicara ideologi karena bicara Ideologi, karena sadar Ideologi akibatnya akan sadar politik, sadar politik akan menentukan sadar organisasi, sadar organisasi akan menentukan kultural budaya, saya kira itu,” katanya.

“Dan Ibu menegaskan semua yang menyangkut capres-capresan adalah urusan ketua umum. Kamu turun dan turun, apalagi dalam suasana Ramadan dan Idul Fitri, nanti harus banyak menyapa rakyat,” imbuhnya.

Sejauh ini, sebut Aria, belum ada nama yang diumumkan Megawati ke kalangan internal partai. Namun dia meyakini pengumuman capres PDIP akan dilakukan Megawati secepatnya. “Masih belum menyebutkan nama, karena itu semua mengenai capres-cawapres, orang dan timing-nya adalah kewenangan penuh Ibu Ketua Umum, insyaAllah secepatnya,” kata dia.

Megawati Soekarnoputri diketahui mengumpulkan para kader yang menjadi legislator di DPR dalam rapat tertutup. Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah membeberkan isi pertemuan tersebut. “Itu konsolidasi. Murni konsolidasi saja,” kata Said kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir detikcom, Kamis (13/4).*

Komentar