nusabali

Bank Indonesia Terus Dorong Inovasi Digital Melalui BALIGIVATION 2023

  • www.nusabali.com-bank-indonesia-terus-dorong-inovasi-digital-melalui-baligivation-2023

DENPASAR, NusaBali.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali terus mendorong akselerasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital salah satunya melalui penyelenggaraan Bali Digital Innovation (BALIGIVATION) Festival 2023.

Rangkaian kegiatan BALIGIVATION 2023 telah resmi dibuka dengan penyelenggaraan kick-off dan talkshow secara hybrid dengan skala penyelenggaraan Bali-Nusra yang mengangkat tema ‘Expediting Sustained and Innovative Digitalization to Accelerate Economic Recovery’ pada 9 Maret 2023. 

Rangkaian kegiatan BALIGIVATION selanjutnya adalah penyelenggaraan Lomba Ide Kreatif & E-sport.

Guna mensosialisasikan lomba-lomba BALIGIVATION, Bank Indonesia menyelenggarakan Roadshow di 5  region yang telah mencakup seluruh wilayah di Provinsi Bali. 

Pada 6 April 2023, telah dilakukan roadshow di Kabupaten Buleleng bertempat di Auditorium Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang dihadiri serta dibuka oleh Deputi Direktur KPw BI Provinsi Bali  Agus Sistyo Widjajati dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Alumni Undiksha - Prof Dr I Wayan Suastra MPd. 

“Kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan lomba ide kreatif dan e-sport ini, karena dapat menjadi suatu media bagi pelajar untuk mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki, kemudian lomba ini juga inovatif karena turut melibatkan masyarakat umum untuk berpartisipasi, jadi semua kalangan memiliki kesempatan untuk menuangkan kemampuan dan bakatnya masing-masing,” ujar Prof Wayan Suastra. 

Roadshow di Kabupaten Buleleng ini setidaknya diikuti 300 orang secara offline yang diikuti berbagai kalangan mulai dari masyarakat desa/banjar, pelajar, dosen dan guru. 

Selain Kabupaten Buleleng, roadshow juga telah dilaksanakan di Kota Denpasar pada 4 April 2023, bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.

Roadshow di Kota Denpasar diikuti setidaknya 350 orang secara offline yang juga terdiri dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat desa/banjar, pelajar, dosen dan guru. 

Roadshow BALIGIVATION juga menyajikan berbagai edukasi dan workshop yang turut menambah pengetahuan mengenai isu-isu terkini dalam sistem pembayaran dan literasi keuangan serta perkembangan ekonomi kreatif. 

Roadshow juga dilaksanakan di Kabupaten Gianyar (mencakup wilayah Klungkung, Bangli, dan Karangasem) pada 11 April, Kabupaten Jembrana pada 13 April, dan Kabupaten Badung (mencakup wilayah Tabanan) pada 18 April 2023. 

Lomba Ide Kreatif & E-sport BALIGIVATION menyasar berbagai kalangan mulai dari pelajar siswa/i SMA/SMK, mahasiswa/i perguruan tinggi, serta masyarakat umum dari desa dan banjar se-Bali. 

Adapun Lomba Ide Kreatif (Banjar Digital: Inovasi Membangun Bali), diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan sosial/ekonomi yang ada di desa/banjar melalui pemanfaatan Teknologi Informasi (TI)/ digitalisasi. 

Sementara itu, Lomba E-sport (Digital Warrior: Ksatriya Bani Satya) ditujukan untuk menjaring bakat anak muda di bidang e-sport, dimana e-sport sendiri telah berkembang menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif potensial. 

Secara umum pelaksanaan BALIGIVATION bertujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat untuk berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung upaya Pemulihan Ekonomi Bali dan Nasional. *isu

Komentar