nusabali

Disnaker Gianyar Serahkan Sertifikat UJK dan Kartu AK 1

Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi

  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-serahkan-sertifikat-ujk-dan-kartu-ak-1

GIANYAR, NusaBali
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar I Gede Daging menyerahkan sertifikat uji kompetensi (UJK) dan kartu pencari kerja atau AK 1 di Puspa Aman Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Rabu (12/4).

Penyerahan sertifikat uji kompetensi dan kartu pencari kerja dilaksanakan saat penutupan pelatihan berbasis kompetensi pembuatan roti dan kue. Pelatihan ini untuk meningkatkan skill tenaga kerja yang terampil, terlatih, dan kompeten di bidangnya.

Kepala BLK Agrobisnis dan Industri Kabupaten Gianyar Ni Ketut Dani mengatakan, Pelatihan Berbasis Kompetensi Mobile Training Unit (MTU) program pembuatan roti dan kue dilaksanakan selama 18 hari. Mulai tanggal 9 Maret hingga 6 April 2023 bertempat di Puspa Aman Desa Batuan, Kecamatan Sukawati. Pelatihan diikuti 32 peserta dari Desa Batuan. “Dari 32 peserta, sebanyak 29 orang dinyatakan kompeten dan tiga orang dinyatakan tidak kompeten karena tidak mengikuti uji kompetensi dengan alasan sakit,” kata Ketut Dani.

Ketut Dani berharap kepada para peserta yang telah dinyatakan kompeten dapat menerapkan ilmu dan ketrampilannya di dunia kerja maupun membuka usaha sendiri walaupun kecil-kecilan. “Saya harap dengan pelatihan ini mampu mengurangi pengangguran dan kemiskinan, terlebih lagi dapat meningkatkan ekomoni keluarga,” harapnya. Sementara Sekretaris Disnaker Gianyar I Gede Daging mengatakan sesuai arahan Kadisnaker Gianyar agar ilmu dan ketrampilan yang didapat selama pelatihan dapat diterapkan.

Mendukung tujuan tersebut, Disnaker Gianyar sudah menggandeng Bank Daerah Gianyar dalam memberikan permodalan melalui KUR. “Apalagi sebagai daerah seni, home industry itu sangat penting, tolong dilanjutkan. Jangan sampai mandeg setelah dilatih,” pesannya. Dia sangat menyayangkan ada peserta yang dinyatakan tidak kompeten karena sakit. “Sertifikat kompeten itu sekarang sangat penting sekali, sebagai penanda legal formal dalam mempatenkan hak-hak industri kita,” kata Gede Daging.

Selain pelatihan pembuatan roti dan kue, BLK Disnaker Gianyar juga punya paket pelatihan lainnya seperti pelatihan barista dan tata rias yang dilaksanakan di Kantor BLK Agrobisnis dan Industri Kabupaten Gianyar. “Terimakasih, semoga program ini bisa terus berlanjut,” harap Gede Daging. *nvi

Komentar