nusabali

Perayaan HUT Kota Bangli, Pemkab Gelar Lomba Taman Pucuk Bang

  • www.nusabali.com-perayaan-hut-kota-bangli-pemkab-gelar-lomba-taman-pucuk-bang

BANGLI, NusaBali
Gerakan masyarakat menanam bunga Pucuk Bang digelar untuk memeriahkan HUT ke-819 Kabupaten Bangli, 10 Mei 2023.

Gerakan menanam bunga berwarna merah tajam ini dilombakan dengan peserta kalangan instansi hingga banjar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli I Putu Ganda Wijaya mengatakan, pelaksanaan Lomba Taman Pucuk Bang ini sesuai instruksi Bupati Bangli Nomor : 5 Tahun 2023.

Menurut Ganda, gerakan ini baru kali pertama dilakukan. Selain untuk menyemarakkan HUT Bangli, juga untuk lebih menyosialisasikan dan menggemakan pada masyarakat tentang bunga Pucuk Bang. "Kami berharap dengan kegiatan ini masyarakat bisa lebih memahami tentang pucuk bang yang merupakan maskot Kota Bangli, dan mulai menanam Pucuk Bang di telajakan masing-masing," jelasnya.

Lomba dengan peserta kalangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD Bangli, sekolah-sekolah, pemerintah desa/kelurahan, banjar, hingga perumahan. "Sesuai rencana, lomba ini akan dimulai pada 20 April 2023. Untuk teknis selanjutnya kami masih akan rapatkan dengan tim," jelasnya Jumat (7/4).

Kata Ganda, objek yang dinilai adalah taman bermaskot Pucuk Bang di telajakan setiap peserta lomba. "Objek penilaiannya adalah lingkungan di sekitar tempat tersebut," kata Pejabat asal Kelurahan Bebalang, Bangli ini.

Sedangkan objek penilaian bagi pemerintah desa/kelurahan adalah lingkungan di kantor desa/kelurahan serta taman perbatasan desa/taman desa. Objek penilaian di tingkat perumahan adalah pekarangan rumah dan telajakan rumah. "Untuk kriteria penilaian di antaranya keasrian, keindahan dan kebersihan tanaman bunga pucuk bang," sebutnya. *esa

Komentar