nusabali

Gebyar PAUD, Ajang Meningkatkan Kreativitas dan Membentuk Karakter Anak

  • www.nusabali.com-gebyar-paud-ajang-meningkatkan-kreativitas-dan-membentuk-karakter-anak

GIANYAR, NusaBali
Ratusan anak di Kabupaten Gianyar meramaikan Gebyar Kreativitas dan Aktivitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Balai Budaya Gianyar, Kamis (6/4).

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan membentuk karakter guna menciptakan generasi yang cerdas dan terampil.

Acara diawali dengan penampilan parade drum band dari anak-anak TK Santa Maria Ratu Rosari Gianyar dilanjutkan dengan parade TK Kemala Bayangkari 4 Gianyar dan TK Kartika VII-6 Gianyar yang membawa bendera merah putih, panji-panji dan lambang NKRI serta parade ogoh-ogoh dan baleganjur dari TK Negeri Mutiara Gianyar di Open Stage Balai Budaya Gianyar.

Ketua Panitia Pelaksana Gebyar PAUD, Dewa Ngakan Putu Manuaba mengatakan Gebyar Kreativitas dan Aktivitas Pendidikan Anak Usia Dini merupakan kegiatan rutin Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar untuk membentuk karakter anak yang berjiwa mandiri, rasa sosial, berkepribadian baik, bermoral, kreatif, dan inovatif. “Dalam kegiatan ini, diselenggarakan berbagai lomba, di antaranya lomba busana ke pura dan lomba gerak dan lagu pada tanggal 6 April di Balai Budaya Gianyar serta lomba mewarnai, lomba melukis dengan jari atau finger painting, lomba menangkap belut, lomba playdough atau plastisin dan lomba puzzle pada tanggal 7 April di Alun-alun Kota Gianyar dengan jumlah peserta 257 anak,” paparnya.

Dewan juri dari setiap lomba diambil dari unsur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), pemilik sanggar, guru seni, dan pelukis Kabupaten Gianyar. Para pemenang Juara I, II, dan III dari setiap lomba diberikan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan.

Bunda PAUD, Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan terus mendorong kesadaran pentingnya pendidikan anak usia dini bagi seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah juga memberikan fasilitas penyelenggaraan PAUD di Kabupaten Gianyar. “Melihat pentingnya perluasan dan peningkatan mutu layanan PAUD sehingga perlu dirumuskan norma, standar, prosedur serta pengembangan potensi kearifan lokal yang terintegrasi,” kata Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Sebagai pondasi dalam membentuk karakter, Dayu Surya mengimbau kepada PAUD untuk berkolaborasi dengan para orang tua dan guru dalam membentuk karakter peserta didik. Pemerintah juga telah membangun TPA Negeri Gianyar sehingga anak-anak yang orang tuanya sibuk bekerja tetap bisa mendapatkan layanan untuk pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. “Tak hanya itu, juga dibangun TK Negeri Hindu dan TK Negeri yang tersebar di masing-masing kecamatan,” ujar Dayu Surya.

Tak hanya dari segi fasilitas dan tenaga pendidik, pemerintah secara rutin juga memberikan bantuan PMT (pemberian makanan tambahan) maupun APE (alat peraga edukasi), sehingga dirinya yakin program tersebut dapat meningkatkan kompetensi para pendidik untuk mendidik dengan sepenuh hati dan ke depannya anak-anak akan memiliki potensi besar dalam mengembangkan kecerdasannya serta mampu menjadi anak yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur serta penuh etika moral.

Pada acara tersebut juga melakukan penyerahan PMT kepada anak-anak TPA Negeri Gianyar dan PAUD Swadharma Kumara Serongga, penyerahan Buku 4 Pilar Kebangsaan kepada PKG Kecamatan se- Kabupaten Gianyar oleh resimen Mahasiswa Ugracena, penyerahan cinderamata kepada Bunda PAUD oleh Resimen Mahasiswa Ugracena. *nvi

Komentar