nusabali

SI PRIMA: Inovasi Mempermudah Penilaian Kurikulum Merdeka di PAUD

  • www.nusabali.com-si-prima-inovasi-mempermudah-penilaian-kurikulum-merdeka-di-paud
  • www.nusabali.com-si-prima-inovasi-mempermudah-penilaian-kurikulum-merdeka-di-paud

DENPASAR, NusaBali.com - Perkembangan teknologi turut mempengaruhi dunia pendidikan, termasuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk mendukung guru PAUD dalam proses penilaian dan penyusunan laporan perkembangan anak didik di era digital, diciptakan platform Si PRIMA.

SI PRIMA (Sistem Informasi Penilaian Rapor PAUD pada Kurikulum Merdeka) adalah platform inovatif yang dirancang oleh Ida Ayu Cintiya Nurina SPd MPd bersama timnya,  khusus untuk membantu guru PAUD. Sejak diperkenalkan tahun 2020, SI PRIMA telah digunakan oleh lebih dari 50 lembaga PAUD di Indonesia.

"SI PRIMA sudah mulai digunakan sejak tahun 2022 ketika implementasi Kurikulum 13. Kemudian mengikuti dan menyesuaikan pada penggunaan Kurikulum Merdeka saat ini," ujar Dayu Cintiya, sapaan akrab Ida Ayu Cintiya Nurina, Rabu (27/3/2024).

Dayu Cintiya dan timnya aktif menyosialisasikan SI PRIMA melalui kegiatan daring dan luring di berbagai daerah, termasuk Jawa Timur hingga Kalimantan Selatan. Mereka juga mengadakan pelatihan untuk membantu guru-guru PAUD memahami dan menggunakan platform ini.

Untuk di Bali, sosialisasi dan pelatihan sudah dilakukan di Mengwi, Abiansemal, Busungbiu, Gianyar, Tabanan, Denpasar, Karangasem. Terakhir, pelatihan di Abiansemal, Badung pada 27 Januari 2024 diikuti sekitar  100 peserta  dari guru TK,  kepala sekolah, pengawas TK, hingga pemilik atau pengelola yayasan. 

“Dengan adanya SI PRIMA sangat dipermudah. Dulu saya berpikir kok kayaknya susah sekali membuat laporan anak,, tapi setelah belajar sekarang saya mulai sedikit memahami. Menurut saya aplikasi itu sangat memudahkan.” ujar salah satu guru peserta pelatihan. 

Diakui jika hingga saat ini, masih banyak lembaga atau guru yang belum terbiasa berpindah dari kerangka penilaian Kurikulum 13 (K13) ke Kurikulum Merdeka. 

"Kesulitan guru untuk memahami format dan struktur penilaian Kurikulum Merdeka, terlebih pada penilaian formatif dan sumatif, menjadi landasan tim SI PRIMA hadir sebagai alternatif pembantu guru membuat laporan penilaian dengan mudah, cepat, dan sesuai ketentuan," kata Dayu Cintiya yang juga guru di TK Negeri Pembina Denpasar.

SI PRIMA menyediakan dua format fitur, yaitu offline dengan Microsoft Excel dan online dengan Form dan Google Sheet. Fitur-fitur ini disesuaikan dengan ketentuan Kurikulum Merdeka dan menghasilkan berbagai jenis laporan, seperti Laporan Perkembangan (rapor), Laporan Foto Berseri, Laporan Hasil Karya, dan Laporan Portofolio.

Di tahun 2024, tim SI PRIMA fokus untuk menyebarkan layanannya ke lebih banyak lembaga PAUD di seluruh Indonesia. "SI PRIMA terus mengembangkan diri dengan tujuan bisa membantu dan digunakan lebih banyak sekolah di Indonesia," kata Dayu Cintiya.

Beberapa Kelebihan SI PRIMA
  • Mempermudah proses penilaian dan penyusunan laporan perkembangan anak didik.
  • Sesuai dengan ketentuan Kurikulum Merdeka.
  • Tersedia dalam dua format fitur: offline dan online.
  • Menghasilkan berbagai jenis laporan yang komprehensif.
  • Membantu guru menghemat waktu dan tenaga.
  • Dengan menggunakan SI PRIMA, guru PAUD dapat lebih fokus pada proses pembelajaran dan pengembangan anak didik. 
  • Membantu meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Indonesia.

Komentar