nusabali

Pasang Kata-kata Mutiara Bung Karno

  • www.nusabali.com-pasang-kata-kata-mutiara-bung-karno

Pemkab Bangli memotivasi para siswa SMPN 1 Bangli untuk mempertahankan ideologi Pancasila serta kembali menggaungkan semangat juang ’45.

Kuatkan Penghayatan Pancasila Siswa

BANGLI, NusaBali
Salah satu caranya, memasang kata-kata mutiara Bung Karno di tembok kelas. Kata-kata mutiara diserahkan secara simbolik oleh Bupati Bangli I Made Gianyar di aula SMPN 1 Bangli, Kamis (8/6).

Penyerahan kata-kata mutiara ini untuk mengingatkan kembali sejarah lahirnya Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta berdirinya bangsa Indonesia. Di dalam bangsa ini terdapat keragaman suku, agama, adat, budaya, dan etnis yang bersatu padu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kata-kata mutiara Bung Karno yang diserahkan di antarannya berbunyi “Gantungkan Cita-Cita Mu Setinggi Langit. Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Diantara Bintang-Bintang” dan “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Pahlawannya”.

Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, siswa sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh melupakan sejarah. Karena jika dilihat perjalanan sejarah bangsa Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta merupakan tokoh sentral dalam perjuangan kemerdekaan, hingga Indonesia merdeka. "Tanpa ada Bung Karno yang memproklamirkan dan memerdekakan Indonesia, mungkin Pancasila, UUD 1945, NKRI dan pengakuan terhadap kebhinekaan Indonesia tidak akan pernah ada," jelasnya. 

Kata dia, saat ini godaan bangsa Indonesia sangat besar. Dimana belakangan mulai bermunculan paham-paham  radikal yang sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945. Untuk mempertahankan keutuhan Bangsa Indonesia. ‘’Kita perlu merajut kembali pola pikir, pergerakan Bung Karno dan mengimplementasi ajaran Bung Karno dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya. Dalam Pancasila, lanjut Bupati Gianyar, terakumulasi  nilai-nilai tepo saliro, tatwamasi, peduli kepada sesama, tidak sombong, tidak arogan, saling membantu dan gotong royong. 

Bupati Gianyar pun berharap generasi penerus juga bisa menghargai pemimpin bangsa. "Sama halnya dengan Bung Karno, kita juga wajib menghormati Bapak Soeharto, Bapak Habibi, Bapak Gus Dur, Ibu Megawati, Bapak SBY dan Bapak Joko Widodo, karena kita wajib menghormati pemimpin kita," ujarnya. 

Sementara itu, di SD Negeri 5 Kawan, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyerahkan secara simbolis kata-kata mutiara Bung Karno. Kata dia, pemuda-pemudi Indonesia harus bersatu padu untuk mempertahankan ideologi Pancasila. ‘’Langkah ini penting mengingat gencarnya serangan terhadap Pancasila dan munculnya gerakan-gerakan radikal yang ingin menggantikan Pancasila dengan paham baru,’’ ujar dia. *e

Komentar