nusabali

Tabanan Petakan Daerah Rawan Macet dan Laka

  • www.nusabali.com-tabanan-petakan-daerah-rawan-macet-dan-laka

TABANAN, NusaBali
Jelang mudik lebaran Polres Tabanan lakukan persiapan pengamanan. Ada sejumlah catatan yang dirangkum mulai dari pembangunan pos hingga memetakan daerah rawan macet dan kecelakaan.

Dari hasil rapat, ada dua lokasi yang dipetakan rawat macet dan kecelakaan yakni di Kecamatan Kediri tepatnya di depan Masjid Kediri, Banjar Taman Surodadi, Desa Banjar Anyar. Dan di Kecamatan Kerambitan, tepatnya di Tanjakan Samsam II, Desa Samsam.

Sementara untuk pembangunan pos pengamanan, ada lima pos yang dibangun. Rinciannya, tiga pos pengamanan dan dua pos pelayanan terpadu. Untuk pos pengamanan dibangun di Depan Masjid Kediri, objek wisata Tanah Lot dan objek wisata Ulun Danau Beratan.

Sedangkan pos pelayanan terpadu akan dibangun di Patung Adipura Kecamatan Tabanan dan di Desa Selabih Kecamatan Selemadeg Barat. Lima pos ini mulai dioperasikan per 10 April mendatang.

Kasatlantas Polres Tabanan  AKP Kanisius Franata mengatakan untuk persiapan mudik lebaran Polres Tabanan akan merancang Operasi Ketupat 2023. Persiapan pelaksanaan sudah hampir rampung. "Untuk pembangunan pos mulai dibuat tanggal 10 (April) ini," jelasnya, Rabu (5/4).

Terkait dua kawasan yang dipetakan rawan macet tersebut telah dilakukan sejumlah alternatif. Yakni pengalihan arus lalu lintas bila macet di dua lokasi itu sangat parah.

Ada dua alternatif pengalihan arus lalu lintas bila macet parah di jalur utama yakni pengalihan arus ke arah utara untuk kendaraan dari arah barat. Yakni menuju jalan Simpang Antosari-Pupuan tembus ke Desa Meliling Kecamatan Kerambitan dan tembus ke jalan Buruan Kecamatan Tabanan.

Sedangkan kendaraan dari arah timur dialihkan ke Simpang Penyalin Kecamatan Kerambitan, tembus ke Simpang Melililing dan tembus ke Simpang Megati Kecamatan Selemadeg Timur. "Sudah dipersiapan hal tersebut karena nanti ada 208 personel yang ditugaskan," beber AKP Kanisius Franata.

Dia menambahkan terkait lima pos yang akan dibangun ini, masih persiapan. Pos pelayanan terpadu yang dibangun di Patung Adipura dan di Selabih dilengkapi sejumlah fasilitas. Mulai dari tim kesehatan, bengkel, hingga derek. "Jadi apabila pemudik ingin beristirahat silakan menuju Pos Pelayanan Terpadu. Kita berharap selama arus mudik tidak ada kejadian krusial di Tabanan," harapnya.*des

Komentar