nusabali

Kapal Pesiar Jumbo Sandar di Pelabuhan Benoa

Bawa Ribuan Turis, Pelabuhan Benoa Catat Sejarah

  • www.nusabali.com-kapal-pesiar-jumbo-sandar-di-pelabuhan-benoa

DENPASAR, NusaBali
Pelabuhan Benoa, Denpasar Selatan, Kota Denpasar mencatat sejarah. Hal  tersebut menyusul kedatangan kapal cruise (Kapal Pesiar) MSC Magnifica, Selasa (4/4) pukul 08.00 Wita.

Dengan bobot 95.128 GT dan panjang 294 meter menjadikan MSC Magnifica sebagai kapal cruise berukuran jumbo yang pertama kali merapat di pelabuhan yang berlokasi di Denpasar Selatan ini. Kapal berbendera Panama ini mengangkut 3.000 penumpang terdiri dari 2.042 penumpang (wisatawan) dan 928 orang kru ini berhasil sandar di dermaga timur Pelabuhan Benoa.

General Manager PT Pelindo Cabang Pelabuhan Benoa, Anak Agung Gede Agung Mataram mengatakan bersyukur dengan kedatangan MSC Magnifica. “Kami sangat bersyukur akhirnya salah satu kapal cruise terbesar berhasil sandar dengan membawa sekitar 3.000 penumpang,” ujarnya. Kata Agung Mataram, kedatangan MSC Magnifica tidak hanya membanggakan Pelindo,  namun juga diyakini dan optimis juga memberikan dampak kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Bali.

Diharapkan kapal-kapal serupa bisa lebih banyak lagi sandar di Pelabuhan Benoa di waktu-waktu yang mendatang. Sebelumnya dalam rangka meningkatkan layanan penumpang cruise di Pelabuuhan Benoa, Pelindo menyiapkan sejumlah fasilitas di terminal penumpang antara lain fasilitas money changer, ATM, stand informasi hingga stand UMKM yang menyediakan oleh-oleh serta cinderamata yang bisa dibeli oleh para wisatawan.

Jodi Mahardi, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marvest mengapresiasi Pelindo yang sukses mendatangkan kapal kapal cruise besar di Indonesia khususnya Bali. Kata dia, ini sejalan dengan upaya pemerintah mendorong pemulihan ekonomi pariwisata di Bali. “Ini merupakan hal baik ya kapal cruise besar sandar di Benoa dengan membawa 3.000 penumpang, tentunya ini sejalan dengan upaya pemerintah memberikan dampak positif ekonomi masyarakat Bali,” ujar Jodi yang datang dan meninjau kedatangan MSC Magnifica. Turun dari kapal para wisatawan dan kru kapal disambut gamelan dan Tari Panyembrama serta Tari Cendrawasih. Rencananya MSC Magnifica bersandar selama 2 hari. Selanjutnya kapal pesiar yang diproduksi pada tahun 2010 ini bertolak menuju Singapura, Rabu (5/4) sore ini. *k17

Komentar