nusabali

Produk Peserta Pameran PKB Diasuransikan

  • www.nusabali.com-produk-peserta-pameran-pkb-diasuransikan

Berkaca dari peristiwa kebakaran pada pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun lalu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali sebagai koordinator pameran kerajinan mengantisipasti hal tersebut dengan mengasuransikan produk para peserta pameran dengan nilai produk mencapai Rp 100 juta melalui Asuransi Jasa Raharja Putra.

Cukup Bayar Rp 46 Ribu dengan Nilai Produk Rp 100 Juta

DENPASAR, NusaBali
 “Untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, semua produk sudah diasuransikan, dimana peserta dengan nilai produk Rp 100 juta asuransinya sebesar Rp 46 ribu. Jadi, mereka bayar Rp 46 ribu, sekali saja bayar untuk satu bulan pameran itu,” ungkap Kadisperindag Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawathi, Kamis (8/6).

Dikatakan, dari segi isi pameran tidak ada yang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Masih sama seperti tahun lalu untuk produk-produk yang ditampilkan. Tapi untuk tahun ini ada penambahan peserta pameran, dimana untuk yang di bawah Panggung Ardha Candra, yang tahun lalu 46 peserta, sekarang dua kali lipat menjadi 92 orang,” imbuhnya.

Penambahan jumlah ini, kata Kusumawathi, berdasarkan usulan masyarakat yang menginginkan lebih banyak para pelaku UKM ikut pameran. Maka, stand di bawah Ardha Candra, yang semula cukup luas untuk satu peserta kini dibagi menjadi dua. “Biaya stand yang semula Rp 12 juta, kini menjadi Rp 6 juta. Dengan demikian, lebih banyak lagi para pelaku usaha ikut pameran,” katanya.

Sedangkan untuk stand di tempat lainnya masih sesuai dengan Perda yang telah diterapkan, diantaranya di bawah Gedung Ksirarnawa Rp 6 juta, di sebelah barat Ksirarnawa Rp 5 juta, serta stand outdoor 500 ribu per meter persegi. Tercatat, peserta pameran tahun ini sebanyak 216 orang.

Kendati terjadi penambahan jumlah peserta, pihaknya mengaku tidak banyak  menargetkan omzet, melihat kondisi perekonomian yang masih lesu.   Namun pihaknya tetap berharap transaksi tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya. “Kita tidak menarget banyak, tapi minimal total transasksi bisa mencapai Rp 12 miliar,” tandasnya. *in

Komentar