nusabali

Tumbuhkan Minat Baca, Anak Diajak Mendongeng Bersama

  • www.nusabali.com-tumbuhkan-minat-baca-anak-diajak-mendongeng-bersama

SINGARAJA, NusaBali
Untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan anak-anak, Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAPD) Kabupaten Buleleng memberikan pelayanan Read Aloud dengan perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling itu menyasar sekolah-sekolah TK, SD, hingga SMP di Buleleng. Para siswa diajak mendongeng bersama pustakawan dalam kegiatan itu. Kepala Dinas DAPD Kabupaten Buleleng, Made Era Oktarini menyampaikan, pelayanan Read Aloud ini untuk meningkatkan minat mendengarkan dongeng yang menyasar anak-anak yang belum bisa membaca. "Kami yang membacakan di sini dan nanti kami berikan kesempatan kepada anak-anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah dibacakan dari pustakawan kita. Melalui kegiatan Ini banyak cerita yang bisa kita berikan," ucapnya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memberikan pelajaran-pelajaran lainnya, seperti matematika. Pelayanannya dilakukan dengan  jemput bola, dan mengundang langsung ke Dinas Arsip Kabupaten Buleleng. "Tidak hanya cerita saja, mungkin matematika juga. Seperti di pelajaran-pelajaran lainnya. Misalnya tentang ilmu lingkungan," jelasnya.

Hingga Februari 2023 ini, DAPD Kabupaten Buleleng sudah melayani kegiatan Read Aloud dengan perpustakaan keliling di 16 TK di Kabupaten Buleleng, swasta maupun negeri. Hal ini harapkan, agar anak-anak lebih giat membaca. "Kegiatan ini akan terus berlanjut dan sejauh ini disambut siswa dengan antuasias tinggi," tandas Era Oktarini. *mz

Komentar