nusabali

Jaya Negara-Arya Wibawa Sampaikan Capaian Kinerja Pembangunan 2 Tahun Nakhodai Denpasar

Malam Apresiasi HUT Ke–235 Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-jaya-negara-arya-wibawa-sampaikan-capaian-kinerja-pembangunan-2-tahun-nakhodai-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan capaian kinerja pembangunan kepemimpinan Jaya-Wibawa dengan Visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju selama 2 tahun memimpin Denpasar, saat malam puncak HUT ke – 235 Kota Denpasar, di Gedung Dharma Negara Alaya pada Senin (27/2) malam.

Pada saat itu diserahkan Penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak dari Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Pupayoga.  Walikota Jaya Negara menjelaskan, Kota Denpasar di usia ke-235 tahun bertransformasi menjadi kota multietnis dengan keragaman budaya yang melahirkan ragam kreativitas. Karenanya, sebagai kota yang juga merupakan simpul pergerakan berbagai sektor menjadikan Denpasar memiliki sumber daya manusia yang besar. Hal inilah yang dipadukan lewat misi besar Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju yang selaras dengan tema HUT ke–235 yakni Dengan Semangat Vasudhaiva Kutumbakam, Bangkit Bersama Menuju Denpasar Maju.

Pada 2021, kata Walikota Jaya Negara, meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kota Denpasar meningkat dari –9,43 menjadi –0,91. Di 2022, pada triwulan ketiga, capaian pertumbuhan ekonomi menjadi 4,84. Persentase tingkat pengangguran menurun di 2022 dari 7,02% menjadi 5,08%.

Capaian indeks pembangunan manusia (IPM) dalam tiga tahun terakhir juga mengalami peningkatan menjadi 84,37, yang merupakan nilai capaian tertinggi di Provinsi Bali.

Pembangunan sektor pendidikan menjadi prioritas. Pada 2021, sebanyak 94 ruang kelas baru yang menyasar 14 SD se–Kota Denpasar serta pembangunan SMPN 14 di kawasan Desa Padangsambian Kelod. Di 2022, sebanyak 108 ruang kelas baru telah dibangun yang tersebar di 12 SD, rehabilitasi gedung dengan menyasar 11 SD, peningkatan sarana dan prasarana, serta pembangunan SMPN 15 di Desa Padangsambian Kaja.

Dalam bidang kesehatan, Pemkot Denpasar terus berkomitmen dalam pemenuhan alat kesehatan dan penyediaan obat-obatan. Tak hanya itu, beragam inovasi juga turut diluncurkan, salah satunya SIRIA yang merupakan layanan untuk mengumpulkan data kesehatan ibu dan anak. Hal ini juga merupakan upaya berkelanjutan dalam mencegah stunting.

Walikota Jaya Negara menjelaskan, komitmen menanggulangi kemiskinan dilakukan dengan memberikan bantuan rumah layak huni bagi keluarga miskin. Pada 2021 sebanyak 21 unit rumah layak huni telah disalurkan, dan pada 2022 sebanyak 19 unit.

Revitalisasi Pasar Kumbasari secara bertahap merupakan bagian dari penataan Kawasan Heritage Gajah Mada. Penataan ini di 2022 telah tuntas dengan menyasar Jalan Gajah Mada, Fassade Kumbasari, dan revitalisasi gedung Pasar Kumbasari.

Dalam bidang keamanan, Pemkot Denpasar lanjut Jaya Negara terus membangun sinergitas bersama Forkopimda serta stakeholder lainnya. Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), Pemkot Denpasar mengedepankan semangat sewakadarma atau melayani adalah kewajiban sebagai wujud komitmen untuk melaksanakan reformasi birokrasi. Hal ini berhasil membawa pelayanan publik Kota Denpasar menyandang predikat pelayanan prima, capaian indeks Reformasi Birokrasi juga telah mencapai BB dengan nilai 70,09, Nilai SAKIP Kota Denpasar juga sudah mencapai predikat BB dengan nilai 75,77 dan Kepatuhan Ombudsman RI meraih nilai 93,27 dan masuk dalam 10 besar nasional.

Walikota Jaya Negara menjelaskan, guna menciptakan SDM yang unggul, Pemkot Denpasar terus berinovasi, salah satunya melaksanakan Sister City dengan The City of Darwin, Australia yang secara spesifik menitikberatkan pada pengembangan ekonomi kreatif, pariwisata, dan peningkatan SDM.

Pemkot Denpasar telah melaksanakan ketahanan sosial budaya krama banjar, subak, bendega dan desa adat. Selain itu juga dilaksanakan aktualisasi warisan budaya lewat parade ogoh-ogoh, Mahabandana Prasada, perayaan tumpek, dan lainya.

Upaya mengatasi masalah sampah, Pemkot Denpasar membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) sebagai muara akhir sampah yang telah terpilah di TPS3R yang tersebar di desa dan kelurahan. Dari 3 TPST yang direncanakan, saat ini telah beroperasi TPST Kesiman Kertalangu, TPST Desa Padangsambian Kaja, dan TPST Tahura Suwung.

“Di 2021, dengan segala keterbatasan yang ada, Kota Denpasar mampu membukukan 15 penghargaan baik di tingkat provinsi dan nasional. Atas kinerja dan kolaborasi semua pihak, Pemkot Denpasar di 2022 berhasil meraih 35 penghargaan tingkat nasional,” ujar Walikota Jaya Negara.

Hadir di acara tersebut Menteri Koperasi dan UKM RI periode 2014-2019 AA Gede Ngurah Puspayoga, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Walikota Denpasar periode 2008-2021 IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Denpasar IB Alit Wiradana, serta Forkopimda Denpasar.

Hadir pula Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Denpasar Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Gatriwara Denpasar Ny Purnawati Ngurah Gede, Ketua DWP Denpasar Ny Widnyani Wiradana.

Beragam penghargaan diserahkan Pemkot Denpasar kepada semua insan yang telah mengharumkan nama Kota Denpasar baik di kancah nasional dan internasional. Di antaranya Exhibited at 2023 Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition, Bronze Prize of National Research Council of Thailand Exhibited at 2023, Gold Prize ‘Thailand Inventors Day 2023’, Special Award dari Kementerian Pendidikan Malaysia serta prestasi internasional lainnya.

Juga penghargaan untuk juara lomba Utsawa Dharma Gita Penyandang Disabilitas, Bulan Bahasa Bali, Melantunkan Puja Tri Sandya, lomba desa dan kelurahan, pengelolaan lingkungan dan telajakan, penghargaan kepada pihak swasta yang telah mendukung pembangunan di Kota Denpasar, penghargaan kepada Kapolresta Denpasar beserta jajaran atas kerja keras dalam pengungkapan kasus pidana pembunuhan dengan tindak kekerasan, serta penghargaan kepada Forkopimda Kota Denpasar atas partisipasi aktif dalam menciptakan kondusifitas wilayah pasca pandemi Covid-19.

Juga penghargaan untuk 5 sanggar seni di Denpasar, Penghargaan Kerti Budaya kepada 5 orang seniman, yakni, Drs I Made Sudibia, almarhum I Gusti Ngurah Bagus Supartama SSn, MSi, Ida Bagus Ngurah Widasna, I Ketut Sukarata, dan Drs I Wayan Sumatra. Sedangkan Penghargaan Parama Budaya diberikan kepada almarhum Ni Pollok dan Sekaa Palegongan Semara Pegulingan Banjar Binoh Kaja. *mis

Komentar