nusabali

MKKS Sepakati US SMA 27 Maret

  • www.nusabali.com-mkks-sepakati-us-sma-27-maret

AMLAPURA, NusaBali
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA negeri di Karangasem sepakat menggelar ujian sekolah untuk tahun ajaran 2022/2023 pada 27 Maret - 4 April.

Ujian dilakukan secara online dan siswa kerjakan soal  melalui handpgone di masing-masing sekolah. Ketua MKKS SMA Negeri Karangasem I Wayan Sugiana memaparkan hal itu di ruang kerjanya, SMAN 3 Amlapura, Banjar Delod Sema, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, Selasa (28/2).

"Ujian praktik bisa mendahului di sekolah masing-masing, menyusul ujian sekolah untuk semua mata pelajaran," jelas  Sugiana yang juga Kasek SMAN 3 Amlapura.

Mengenai teknis ujian sekolah nanti, katanya, kembali ke sekolah masing-masing, jika handpgone siswa bermasalah, bisa gunakan komputer milik sekolah.

Di bagian lain, Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengatakan, ujian sekolah nanti berlangsung online,  melibatkan 324 siswa, kelas XII MIPA sebanyak 186 siswa, kelas XII IPS sebanyak 113 siswa dan kelas XII bahasa sebanyak 25 siswa. "Siswa datang ke sekolah membawa handphone android, menggunakan akses wifi sekolah. Siswa kerjakan soal di  handphone " katanya.

Untuk berjaga-jaga jila handphone milik siswa bermasalah, maka pihak sekolah menyediakan tab, jika tab yang ada kekurangan maka gunakan komputer. "Jadi siswa mengerjakan soal secara online, lebih praktis, biaya murah tidak perlu cetak test, dan hasil ujian langsung terlihat, karena sistem yang telah memeriksa," ujar mantan guru SMKN 1 Amlapura tersebut.

Begitu juga menurut Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana, ujiannya gunakan handphone karena komputer yang tersedia tidak mampu memfasilitasi 270 siswa kelas XII. "Lebih praktis ujian gunakan HP, anak-anak telah terbiasa dengan teknologi itu," jelas mantan Kasek SMAN Bebandem, itu.

Sebanyak 10 SMA negeri yang telah sepakat ujian 27 Maret - 4 April, SMAN 1 Amlapura, SMAN 2 Amlapura, SMAN 3 Amlapura, SMAN Abang, SMAN Kubu, SMAN Bebandem, SMAN Selat, SMAN Rendang, SMAN Sidemen dan SMAN Manggis.

Begitu juga menurut Ketua MKKS SMK Negeri Karangasem I Wayan Artana, ujian sekolah serentak terlaksana, 27 Maret-4 April di 5 SMKN, SMAN 1 Amlapura, SMKN Abang, SMKN Kubu, SMKN Bebandem, SMKN Manggis. "Kami telah sepakat dalam rapat MKKS kemarin, mengenai jadwal ujian sekolah," jelas Kasek SMKN 1 Amlapura itu.

Kasek SMKN Kubu I Nyoman Suarsana juga memaparkan demikian. "Nanti ujian gunakan HP, siswa datang ke sekolah gunakan akses internet wifi sekolah," jelas I Nyoman Suarsana, yang telah menyiapkan 367 siswa kelas XII untuk ikut ujian sekolah. Kasek SMKN Bebandem I Made Darmayasa mengatakan, ujian praktek terlaksana setelah ujian mata pelajaran, melibatkan 140 siswa.*k16

Komentar