nusabali

Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Panyengker Pura

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-rumah-dan-panyengker-pura

AMLAPURA, NusaBali
Delapan pohon tumbang di Karangasem. Dua pohon di antaranya menimpa atap rumah dan panyengker pura.

Semua musibah tersebut telah ditangani petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem di bawah koordinasi Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa, bersama Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Putu Eka Putra Tirtana di Karangasem, Senin (27/2).

Pohon kelapa yang roboh panjang 25 meter, dengan diameter 30 cm, terjadi di Banjar Karanganyar, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, menimpa atap rumah I Wayan Sucika, warga I Komang Murtawan yang melaporkan kejadian itu ke BPBD. Sedangkan pohon ketapang tumbang panjang 10 meter, dan diameter 25 cm, terjadi di Banjar Lebah, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, menimpa atap rumah I Nengah Tamba dan panyengker Pura Pamaksan Kayu Putih.

Petugas BPBD bersama warga masyarakat dan perangkat desa yang melakukan penanganan, nihil korban jiwa, hanya kurban material di dua lokasi itu. Sedangkan pohon perindang yang tumbang di jalur menuju Pelabuhan Padangbai, tepatnya di Banjar Luhur, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis menyebabkan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Padangbai sempat terhambat, kejadiannya Minggu (26/2) pukul 21.50 Wita.

Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Ipda I Nengah Kardin yang melaporkan ke BPBD, sehingga malam itu pohon perindang tertangani.

Selebihnya, pohon gamal yang tumbang di Banjar Kayu Putih, Desa/Kecamatan Bebandem, pohon kelapa tumbang di Banjar Mumbul, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem menimpa akses jalan, pohon kelapa juga tumbang menimpa akses jalan di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, dan rumpun bambu roboh di Banjar Bale Punduk Kaler, Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem.

"Langkah pertama kami melakukan penanganan pohon tumbang yang menimpa akses jalan, agar arus lalulintas tidak terganggu. Selanjutnya melakukan penanganan pohon tumbang menimpa atap rumah warga," kata Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Petugas BPBD juga membawakan bantuan berupa matras, selimut, terpal, kompor gas dan sembako kepada pemilik rumah yang tertimpa pohon. Terpal ini sangat bermanfaat untuk menutupi atap rumahnya yang bocor, apalagi di tengah musim hujan. *k16

Komentar