nusabali

Mangku Pastika Siap 'Endorse' Anak Muda Jadi Pemimpin dan Entrepreneur

Suardana Bagikan Ilmu Branding

  • www.nusabali.com-mangku-pastika-siap-endorse-anak-muda-jadi-pemimpin-dan-entrepreneur

DENPASAR, NusaBali
Mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika sangat antusias melihat semangat anak muda di bidang entrepreneur dan kepemimpinan.

Dia siap meng-‘endorse’ anak muda yang berani terjun menjadi pengusaha dan pemimpin. “Saya siap ‘endorse’ anak muda. Saya siap dukung anak muda yang punya semangat maju menjadi pengusaha dan pemimpin,” kata Mangku Pastika dalam diskusi tentang entrepreneur milenial di era disrupsi, di Terali Resto, Pojok Sudirman, Denpasar, Sabtu (25/2/2023).

Diskusi yang dihadiri komunitas entrepreneur muda ini juga dihadiri pembicara lainnya, Gede Suardana dan Ketut Sae Tanju pemilik Terali Resto.

Mangku Pastika mendorong anak muda yang telah dibekali pengetahuan yang layak agar berani menjadi gubernur Bali di masa mendatang. “Jangan menunggu tahun 2039, itu kelamaan. Lebih cepat lebih baik. Jika sudah umur 30 tahun dan dibekali pengetahuan, itu sudah layak,” katanya di hadapan para milenial dan pengusaha muda seperti rilis yang diterima NusaBali.

Sedangkan Suardana mengajak anak muda mengasah semangat entrepreneur dengan ilmu marketing dan branding yang benar, agar UMKM bertahan dan bertumbuh besar.

Suardana, entrepreneur muda yang saat ini menekuni ilmu branding menjelaskan bahwa bisnis yang selamat di masa pandemi adalah UMKM. Sementara perusahaan besar banyak yang berguguran.

“Perusahaan besar banyak hilang digulung ombak disrupsi pandemi, disrupsi milenial, dan disrupsi digital karena mereka susah bergerak melakukan inovasi. Sementara UMKM selamat karena lebih lincah menyesuaikan diri di tengah pandemi,” kata Suardana, pemilik Applemart di Singaraja.

Dia menyarankan UMKM yang selamat dari pandemi agar segera membangun brand yang benar supaya bisa bertahan lama dan bertumbuh besar.

“Yang bertahan di masa pandemi bukan yang besar, kokoh, dan kuat. Yang bisa selamat adalah yang selalu bisa relevan dengan segala tantangan,” kata Suardana yang maju sebagai bakal calon DPD RI.

Tanju mengajak anak muda untuk berani menjadi pebisnis. “Bukan berarti tanpa modal uang tidak bisa menjadi entrepreneur. Kita bisa melakukannya jika berani terjun dan memulai,” ucap pemilik Terali Resto asal Buleleng ini. *

Komentar