nusabali

5 Kader PDIP Tabanan Siap Rebut Rekomendasi

Suamba Kawal Purnawan Setor Formulir

  • www.nusabali.com-5-kader-pdip-tabanan-siap-rebut-rekomendasi

TABANAN, NusaBali - Saat hari terakhir pengembalian formulir penjaringan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabub-Cawabup) Tabanan untuk Pilkada 2024, tiga kader PDIP menyetorkan formulir di Kantor Sekretariat DPC PDIP Tabanan Jalan Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Minggu (28/4).

Ketiganya, adalah I Gede Purnawan, politisi PDIP asal Desa Padangan, Kecamatan Pupuan mengembalikan formulir di posisi Cawabup. Kemudian ada I Nyoman Mulyadi Ketua PAC PDIP Kediri mengembalikan formulir di posisi Cabup, dan I Made Dirga politisi PDIP asal Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan sekaligus menjabat Ketua DPRD Tabanan mengembalikan formulir di posisi Cawabup. 

Mereka menyetorkan fotmulir di waktu berbeda. Pertama yang datang ke Sekretariat DPC PDIP Tabanan adalah I Gede Purnawan sekitar pukul 11.00 Wita. Purnawan datang diantar sejumlah tokoh masyarakat dari Dapil II (Selemadeg, Selemadeg Barat, Pupuan). 

Dia juga dikawal langsung banteng senior I Gede Suamba, politisi asal Desa Padangan, Kecamatan Pupuan bersama puluhan kader dan tokoh di Dapil II lengkap menggunakan baju bertuliskan Tempur (Teman Purnawan). Dalam kesempatan itu Purnawan menegaskan kedatangannya mengembalikan formulir bagian dari menepati dorongan aspirasi masyarakat dan sejumlah tokoh di Dapil II. "Alasannya sederhana saja, saya hanya tunduk terhadap aspirasi rakyat dan tunduk terhadap keputusan Ketua Umum dalam hal penjaringan. Tunduk kepada aspirasi masyarakat makanya saya mengembalikan formulir," katanya usai menyerahkan formulir. 

Kata dia, aspirasi atau desakan untuk ikut dalam penjaringan oleh masyarakat ini sempat dikaji. Karena tidak ingin mengecewakan aspirasi makanya aspirasi tersebut dijalankan. "Masalah nanti dapat atau tidaknya rekomendasi itu keputusannya ada di Ketua Umum. Kalau tidak dapat ya tidak kecewa. Tidak masalah tidak ada ngambul, saya hanya mengabdi kepada masyarakat dan menjaga PDIP ini tetap kokoh di hati masyarakat," jelas Purnawan. Sementara itu senior PDIP I Gede Suamba menegaskan dasar dari didorongnya Gede Purnawan ikut dalam penjaringan untuk mewakili aspirasi dari Dapil II. Pihaknya ingin di Pilkada 2024 ini Dapil II dilirik.

"Kami ingin keseimbangan, biar sekali-sekali jabatan eksekutif di Dapil II. Dengan penyetoran formulir kali ini, kami ingin dipertimbangkan," tegas Mantan Anggota DPRD Tabanan periode 1999-2009 ini. Dia pun berharap penyerahan formulir ini mendapat pertimbangan dari DPP dan tentunya sampai di DPP, bukan hanya sekedar meramaikan. "Namun kita tetap tunduk terhadap keputusan partai. Siapapun nanti yang mendapat rekomendasi Pak Gede Purnawan tetap akan mendukung dan siap bekerja sama," tandas Gede Suamba. 

Tak berselang lama sekitar pukul 14.00 Wita, pengembalian formulir juga dilakukan oleh I Nyoman Mulyadi. Politisi asal Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri ini mengembalikan formulir diantar oleh puluhan simpatisan termasuk anggota DPRD Tabanan I Made Suarta. Dalam kesempatan itu Mulyadi percaya diri bakal mendapatkan rekomendasi pada posisi Cabup. Hal itu diungkapkan bukan tanpa alasan dia mengaku rekomendasi pasti didapatkan karena aspirasi masyarakat Kediri terutama sudah diserukan sejak lama. Apalagi di Pilkada 2019 juga sempat mengikuti penjaringan Cabup-Cawabup. "Astungkara," tegasnya. 

Sementara itu Made Suarta menegaskan ikut mendukung Nyoman Mulyadi karena berdasarkan aspirasi dari masyarakat. "Warga memang dari dulu menginginkan ada muncul calon dari Kediri, dan Pak Mulyadi muncul saya dukung dengan senang hati," tegasnya. 

Terakhir penyetoran formulir dilakukan Made Dirga lewat simpatisan sekitar pukul 15.00 Wita. Simpatisan yang setorkan ini seorang diri bernama I Wayan Winda. "Kami calonkan Pak Dirga biar jadi wakil bupati. Karena ada peluang," katanya. Terpisah Made Dirga mengaku sudah mengetahui penyetoran formulir tersebut. Diakui hal tersebut merupakan aspirasi masyarakat. "Saya mengetahui formulir disetorkan sebelumnya, saya dimintakan tandatangan katanya mau didaftarkan. Ya silakan saya, gitu kan. Karena ini aspirasi," katanya. 

Namun kata Dirga dia tak ingin melangkahi keputusan partai. Segala sesuatu diserahkan kepada pimpinan. "Tapi kalau ditugaskan dan direkomendasi, saya siap," tandas politisi asal Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan ini. Hingga hari terakhir kemarin, sebanyak lima kandidat yang bersiap rebut rekomendasi Cabup-Cawabup Tabanan di Pilkada 2024. Mereka adalah I Komang Gede Sanjaya yang sebelumnya bulat diusulkan maju dua periode saat rapat pleno DPC PDIp Tabanan. Kemudian Edi Wirawan (Cawabup), Made Dirga (Cawabup), Gede Purnawan (Cawabup), dan Nyoman Mulyadi (Cabup). Kelima nama kandidat yang sudah setorkan formulir ini bakal dibawa ke rapat pleno yang rencananya digelar 30 April di DPC PDIP Tabanan sebelum nantinya disetorkan ke DPD PDIP Bali untuk diteruskan ke DPP PDIP. 7 des

Komentar