nusabali

HUT Ke-3, Naluri Manca Gelar Workshop dan Talkshow

  • www.nusabali.com-hut-ke-3-naluri-manca-gelar-workshop-dan-talkshow

DENPASAR, NusaBali.com – Sanggar tari antimainstream ‘Naluri Manca’ menggelar workshop dan talkshow tepat di HUT ke-3, Minggu (26/2/2023).

Workshop ‘Naluriku Menari: Edukasi Sejak Dini sebagai Pondasi Jati Diri’ diselenggarakan di Gedung Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Sedangkan talkshow ‘Peran Generasi Muda Berkreativitas Melalui Wadah Organisasi’ di Gedung Dharmanegara Alaya Denpasar.

Talkshow yang dimulai pukul 09.00 Wita berjalan menarik, karena menampilkan narasumber mantan Walikota Denpasar Ida Bagus Dharmawijaya Mantra  dan I Putu Yuliartha  alias Putu Lengkong yang dikenal sebagai pelaku seni kriya sekaligus Ketua Bkraf Kota Denpasar.

Talkshow ini diikuti oleh sekitar 70 orang dari Forum OSIS SMA/SMK di Denpasar, pembina Forum Komunikasi Unit Kegiatan Mahasiswa (FORKOM), guru, masyarakat umum, dan tentu saja anggota sanggar tari Naluri Manca.

Sedangkan acara workshop dilangsungkan pukul 16.00 - 18.00 WITA  menghadirkantiga narasumber, yaitu I Kadek Sumariasa   dan I Gusti Agung Susilawati sebagai pelatih workshop, serta I Nyoman Suarsa yang dikenal sebagai maestro seni tari Kota Denpasar.

Tak kurang 500 orang mengikuti workshop yang terbagi dalam beberapa sesi. Pada akhir workshop, Naluri Manca juga menampilkan tari kontemporer.

Naluri Manca sendiri kerap menampilkan  atraksi menarik, dengan kostum berkonsep glow in the dark, atau menyala dalam gelap yang membuat penonton makin terkesima.

“Awal terbentuknya sanggar ini berdasarkan naluri atau keinginan membuat sesuatu. Ide ini terbersit di akhir tahun 2019, sehingga saya ajak rekan-rekan membuat sebuah wadah dan berkreativitas bareng-bareng,” kata Ida Bagus Eka Haristha atau kerap disapa Gus Eka, salah satu founder Naluri Manca.

Di usia tiga tahun, Naluri Manca memiliki 60 anggota, dan pada tahun 2022 sempat  menjadi wakil Bali  dalam ajang pencarian bakat Indonesia’s Got Talent 2.

Di ajang yang ditayangkan RCTI, Naluri Manca berhasil menembus babak perempat final, Top 10, dan menjadi satu-satunya wakil Bali.

“Kami tampil sebagai undangan di Indonesia’s Got Talent 2 dan berkompetisi dengan total 9.000 peserta potensial dari berbagai genre berbeda-beda,” ucap Gus Eka.

Sanggar Naluri Manca terbuka untuk umum yang mengajak orang-orang khususnya anak muda yang ingin mengembangkan potensi dan bakatnya sehingga mereka bisa menggali potensi dan menemukan jati dirinya.

 “Kami berharap terus bertumbuh dan berkembang, skill up tahun 2023 sampai 2024 lebih cepat lagi, lebih sigap lagi, dan lebih banyak lagi kegiatannya, lebih banyak lagi hal-hal yang ditampilkan. Bukti itu yang ingin kami  tunjukkan sampai tahun depan,” tegas Gus Eka. *m05


Berita ini merupakan hasil liputan Irgy Krisnayasa, mahasiwa Praktek Kerja Lapangan di NusaBali.com




Komentar