nusabali

Pascagempa Turki, Pekerja Migran Asal Songan B Selamat

  • www.nusabali.com-pascagempa-turki-pekerja-migran-asal-songan-b-selamat

BANGLI, NusaBali
Ni Nyoman Armini,28, salah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) terpaksa dipulangkan karena bencana gempa dahsyat Turki, beberapa waktu lalu.

Perempuan asal Banjar Kendal, Desa Songan B, Kecamatan Kintamani, Bangli, ini kini sudah berkumpul dengan keluarga. Di Turki Armini, bekerja sebagai spa terapis.

Camat Kintamani I Ketut Erry Soena Putra mengatakan, Kamis (23/2), Armini dijemput pihak keluarga dari Denpasar, kemudian diantarkan ke Desa Songan oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Bangli, Ni Luh Ketut Wardani. "Begitu di jemput langsung diantarkan kepada pihak keluarga," jelasnya Jumat (24/2).

Sekdes Songan B I Ketut Arjani Yasa mengatakan, Kamis malam sekitar pukul 20.00 Wita, Armini tiba di kantor desa. Dia diantarkan oleh Kepala Dinas Koperasi Bangli. Saat tiba di desa, kondisinya sehat. Namun demikian pihaknya tidak tahu persis keadaan yang dialami Nyoman Armini saat bencana di Turki. "Dia terbilang sudah cukup lama bekerja Turki," ujarnya.

Terpisah, Kabid Tenaga Kerja, Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Bangli Ni Ketut Budiari menyampaikan, Armini sudah setahun bekerja di Turki sebagai spa terapis. Pascabencana Turki, dia trauma sehingga meminta untuk dipulangkan. "Di Turki, dia mengungsi sekitar dua mingguan dan akhirnya meminta untuk pulang melalui KBRI. Tempat kerja maupun tempat tinggalnya sudah rata," terangnya.

Disampaikan, Armini kini dalam kondisi sehat, namun masih trauma. Contohnya, ketika dia berdiri masih merasa ada gempa. Budiari mengaku terus berkomunikasi dengan pihak badan yang menaungi PMI terkait kondisi warga Bangli di Turki. Karena masih ada warga Bangli lainnya jadi PMI di Turki.*esa

Komentar