nusabali

Walikota Pukul Kulkul Perdana

Karya Melaspas di Pura Desa Adat Sumerta

  • www.nusabali.com-walikota-pukul-kulkul-perdana

DENPASAR, NusaBali
Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara memukul kulkul perdana sekaligus mendem pedagingan saat karya melaspas di Pura Desa Adat Sumerta, Denpasar Timur pada Anggara Pon Merakih, Selasa (21/2).

Karya melaspas tersebut dielenggarakan setelah renovasi Bale Kulkul dan Bale Gong di Pura Desa Adat Sumerta rampung.

Hadir di acara tersebut, walikota periode 2008–2021 Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Camat Denpasar Timur I Made Tirana, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kota Denpasar I Gede Cipta Sudewa Atmaja, Bendesa Adat Sumerta, tokoh adat desa setempat serta seluruh kelian banjar di Desa Adat Sumerta.

Walikota Jaya Negara mengatakan selain untuk meningkatkan keharmonisan masyarakat khususnya di Desa Adat Sumerta, karya ini juga diharapkan mampu memancarkan energi positif di wilayah Desa Adat Sumerta dan di Kota Denpasar.

“Ini merupakan salah satu penerapan dharmaning agama dan dharmaning negara. Kami berharap dengan dilaksanakannya karya pamelaspas Bale Kulkul dan Bale Gong ini dapat memberikan manfaat positif bagi krama Desa Adat Sumerta dan masyarakat Kota Denpasar,” kata Walikota Jaya Negara.

Ketua Penyatusan Pangemong Pura Desa Desa Adat Sumerta I Ketut Rudy Artana, mengatakan tepat pada Anggara Pon Merakih, 21 Februari 2023 dilaksanakan karya pamelaspasan Bale Kulkul dan Bale Gong di Pura Desa, Desa Adat Sumerta.

Dikatakannya, renovasi Bale Kulkul dan Bale Gong ini berlangsung 18 September 2022 hingga 18 Desember 2022. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemkot Denpasar. Dan kami berharap kegiatan ini dapat terus mempertahankan tradisi, adat, dan budaya serta keharmonisan umat di Kota Denpasar khususnya di Desa Adat Sumerta,” katanya. Rudy Artana menyatakan, upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Bajing, Griya Tegal Jingga Sumerta. *bin

Komentar