nusabali

Anak Muda Apatis Dunia Politik

Anggota Komisi I DPR Kenalkan Pelajar Kinerja Legislatif

  • www.nusabali.com-anak-muda-apatis-dunia-politik

JAKARTA,NusaBali
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengundang para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) berkunjung ke DPR RI, Jakarta, Senin, (20/2) untuk mengenalkan secara dekat tentang tugas dan fungsi kinerja legislatif.

“Hari ini saya senang mendapat kunjungan dari para siswa SMA, kebetulan mereka dari Jakarta Pusat dan saya ajak untuk mengenal dari dekat tugas pokok dan fungsi DPR RI. Ini bagian dari upaya saya memberikan pendidikan politik dasar pada pelajar,” kata Christina dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Christina menilai kesadaran politik pada generasi muda penting untuk ditumbuhkan sedari dini. Untuk itu, kunjungan pelajar ke DPR RI yang dikemas dalam acara ‘Bincang Wakil Rakyat’ itu sudah dijalankannya sebanyak tiga kali.

“Di tengah apatisme anak muda terutama kalangan pelajar pada politik, saya ingin mendorong agar mereka mulai sadar, dimulai dari mengenal DPR RI dan hal-hal dasar terkait politik,” ujar legislator asal Dapil DKI Jakarta II itu.

Dia menyebut para siswa SMA diundang langsung ke DPR RI untuk melihat beberapa fasilitas ruang rapat komisi dan badan legislasi, perpustakaan DPR RI, hingga ruang rapat paripurna.

Para siswa SMA tersebut, lanjut dia, juga belajar langsung bagaimana proses pembuatan keputusan politik di DPR RI melalui rapat-rapat komisi, serta badan dan rapat paripurna, termasuk pengenalan proses pembuatan undang-undang. “Saya berharap sebagai pelajar mereka mulai aware dengan hak dan kewajiban politik yang mereka miliki, bagaimana mereka dapat menyampaikan aspirasi, dan tentunya menanamkan sejak dini rasa cinta terhadap Tanah Air,” kata Christina. *ant

Komentar