nusabali

2.500 Liter Eco Enzym Dituang di Danau Batur

  • www.nusabali.com-2500-liter-eco-enzym-dituang-di-danau-batur

BANGLI, NusaBali
Serangkaian peringata Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Forum Pegiat Lingkungan Bali menuangkan 2.500 liter eco enzym di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Minggu (19/2).

Selain itu, dilakukan pula kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar danau. Koordinator Kegiatan Eco Enzym (EE)  For Lake Batur,  Wayan Puja Tresna mengatakan masyarakat Bali harus bersyukur dianugrahi empat danau yakni, Batur, Beratan, Buyan, dan Tamblingan. Danau - danau ini harus tetap ada sepanjang zaman. Untuk itu keberadaan danau harus dirawat dengan baik. “Kita semua harus peduli dan mau merawat danau sehingga tidak tercemar,” ungkapnya.

Khusus untuk di Danau Batur, salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kualitas airnya dengan  gerakan Eco Enzym For Lake Batur. Disebutkan, gerakan ini  adalah wujud kesukarelawanan lintas batas lintas generasi lintas status sosial maupun profesi. Pada kegitan ini dituangkan sekitar 2.500 eco enzyme. “Gerakan ini disatukan oleh semangat yang sama pentingnnya merawat sumber-sumber mata air agar tetap berguna untuk kita semua jadi siapapun boleh bergabung,” jelasnya.

Menurut Puja Tresna, enzyme sebagai katalisator mampu menghaluskan partikel air sehingga bisa menembus lapisan sidementasi dasar danau. Dengan itu, lapisan bawah danau mendapatkan oksigen yang cukup untuk tumbuh suburnya microorganisme untuk mengurai polutan. Penuangan eco enzym telah kami lakukan sebanyak tiga kali. Ribuan liter eco enzym dituangkan secara bertahap. "Kegiatan yang kami lakukan ini  juga dirangkaikan peringatan Hari Perduli Sampah Nasional (HPSN) yang  21 Februari mendatang," sebutnya. *esa

Komentar