nusabali

Pohon Asem Tumbang di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-pohon-asem-tumbang-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Diguyur hujan deras, pohon asem besar tumbang di Banjar Penangkidan, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (19/2) dini hari.

Pohon tumbang menutup badan jalan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pembersihan batang pohon yang menutup jalan dilakukan oleh 5 personel Polsek Nusa Penida, 1 anggota Koramil Nusa Penida, 3 anggota BPBD, dan 25 warga sekitar.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, kejadian ini bermula ketika hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (18/2) malam. Kemudian warga sekitar mendengar suara gemuruh sekitar pukul 03.00 Wita. "Selanjutnya pada pagi hari warga menemukan pohon asem tersebut sudah tumbang dan menutup badan jalan," ujar Kompol Ida Bagus Sumerta.

Pelaksanaan pembersihan pohon tumbang berdiameter 5 meter dengan tinggi 15 meter yang melintang di jalan tersebut dilaksanakan oleh personel Polri/TNI dibantu masyarakat dan BPBD Klungkung. Proses evakuasi dilanjutkan kembali Senin (19/2) hari ini karena batang pohon yang terlalu besar dan chainsaw tidak cukup. "Kondisi jalan sudah dapat dilalui dengan normal," jelas Kompol Ida Bagus Sumerta.

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, pohon asem diperkirakan tumbang karena diguyur hujan deras dan usia pohon cukup tua. "Senin ini kami akan turun dengan tambahan personel dan peralatan yang lebih lengkap untuk mengevakuasi dahan pohon tersebut," kata Widiada. *wan

Komentar