nusabali

Pedagang Berharap Segera Tempati Kios Baru di Goa Lawah

  • www.nusabali.com-pedagang-berharap-segera-tempati-kios-baru-di-goa-lawah

SEMARAPURA, NusaBali
Proyek penataan kios pedagang di Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung sudah rampung. Hingga saat ini, sebanyak 60 unit kios yang dibangun dengan anggaran Rp3,9 miliar tersebut masih kosong.

Para pedagang berharap bisa segera menempati kios baru itu. Menurut salah seorang pedagang, Ni Ketut Rinten, belum mendapat informasi kapan bisa menempati kios itu. “Saya belum tahu kapan bisa mulai berjualan di kios baru,” ujar pedagang makanan dan minuman ini, Jumat (10/2). Rinten berharap bisa segera berjualan di salah satu kios tersebut. Sebab, selama pengerjaan proyek, para pedagang harus pindah berjualan ke lokasi lain yang kurang strategis.

Hal ini mempengaruhi hasil jualan yang mereka dapat. “Sekarang saya jualan di timur, sepi pembeli. Sehari paling dapat jualan Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu saja. Kalau sebelumnya bisa dapat Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu sehari dan bisa buka sampai malam,” ujar Rinten. Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati menjelaskan, proyek penataan kios pedagang di Pura Goa Lawah sudah rampung. Pada tanggal 17 Desember 2022 sudah serah terima, sementara pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO) dari rekanan.

Apabila pasca PHO masih ada kerusakan maka akan diperbaiki oleh rekanan. Mengenai pengisian atau pemanfaatan kios, Sulistiawati menyampaikan akan dilakukan secepatnya. Saat ini masih menunggu hasil kajian dari tim appraisal untuk menentukan harga sewa kios yang wajar. “Setelah ada hasil dari tim appraisal, barulah kami melakukan pengundian pedagang yang akan mengisi kios-kios tersebut,” ujar Sulistiawati. *wan

Komentar